Bill Gates: Kalau Vaksin Corona Mahal, Pandemi Akan Mematikan

Bill Gates: Kalau Vaksin Corona Mahal, Pandemi Akan Mematikan Foto: Reuters/Pierre Albouy

Miliarder Bill Gates telah bersusah payah sejak awal pandemi corona untuk mendapatkan vaksin virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Bill Gates pun mengungkapkan bahwa vaksin corona tak boleh dikuasai oleh pihak yang akan menjadikan vaksin tersebut sebagai ladang bisnis alias dengan harga yang tinggi.

Menurut Bill Gates, vaksin corona harus tersedia bagi negara-negara dan siapapun orang yang membutuhkan. Apabila vaksin corona bergantung dengan kekuatan pasar, maka pandemi corona akan berlangsung lama.

Baca Juga: Karena Alasan Ini, Bill Gates Mau Vaksin Covid-19 Ada buat Semua

"Jika kita membiarkan obat dan vaksinnya jatuh ke penawar tertinggi, ketimbang orang dan tempat yang paling memerlukannya, kita akan mengalami pandemi mematikan ini lebih lama," katanyadalam event International AIDS Society.

Bill Gates kembali menekankan bahwa diperlukan peran para pemimpin untuk melakukan keputusan berat ini.

"Kita membutuhkan para pemimpin untuk melakukan keputusan berat itu dalam hal mendistribusikan berdasarkan keadilan, bukan hanya faktor yang didorong oleh pasar," lanjutnya.

Dunia mengetahui bahwa miliaran dolar telah digelontorkan oleh Eropa dan Amerika Serikat (AS). Banyak pihak yang khawatir bahwa hanya negara-negara kaya lah yang akan menguasai vaksin COVID-19.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini