Project Manager YESS Bicarakan Entrepreneur Pertanian di Webinar

Project Manager YESS Bicarakan Entrepreneur Pertanian di Webinar Foto: Kementan

Project Manager Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian (Kementan) Inneke Kusumawaty menghadiri undangan sebagai narasumber pada webinar Nasional Entrepreneurship bertema Agile Entrepreneursecara daring, Sabtu (11/7/2020).

Acara yang mengangkat topik gerakan optimis kaum muda pasca-Covid-19 ini diselenggarakan oleh Universitas Binawan. Turut hadir pada seminar tersebut antara lain Rektor Universitas Binawan Ayu Nindyati, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Binawan Budiono, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Timur Hasanuddin Kilan.

"Agility konsepnya kita harus merespons cepat unprediction. Yang pertama kita harus meningkatkan refleks kita, partisipatif, dan fleksibel," ujar Rektor Universitas Binawan Ayu Nindyati saat memberikan arahan.

Baca Juga: Solusi Tingkatkan Regenerasi Petani, YESS Cetak Wirausaha Muda Perdesaan

Dalam paparannya, Inneke memperkenalkan program YESS kepada peserta seminar yang didominasi oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Binawan dan tampak hadir pula siswa SMA.

Inneke menyebut, jumlah petani terus menurun, padahal regenerasi petani sudah lama digaungkan, dan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di negara lainnya. Anak-anak muda kurang tertarik dengan pertanian karena dianggap kotor dan tidak keren, ungkap Inneke.

Ia pun menjelaskan program Kementan yang mendukung petani milenial, yaitu peningkatan kapasitas pemuda perdesaan di bidang pertanian, pengembangan wirausahawan muda pertanian, dan yang terakhir fasilitasi akses permodalan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini