Pria Ini Pakai Hand Sanitizer Malah Mual-mual dan Alergi Parah

Pria Ini Pakai Hand Sanitizer Malah Mual-mual dan Alergi Parah Foto: Antara/Abriawan Abhe

Seorang pria berusia 43 tahun memiliki reaksi alergi parah saat terpapar hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Dia suatu hari mengunjungi bank. Sesuai anjuran pakar kesehatan selama pandemi COVID-19, dia membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer, lalu mengalami reaksi alergi yakni kulitnya memerah, mual, dan gelisah.

Pria itu lalu dilarikan ke ruang gawat darurat. Dokter mengatakan dia memiliki detak jantung yang cepat bersama dengan munculnya kemerahan di dada dan wajahnya.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Merek Hand Sanitizer Berbahaya Menurut FDA

Setelah ditelusuri, si pria selama tiga tahun meminum disulfiram untuk mengobati penyalahgunaan alkohol yang menyebabkan efek seperti mabuk - termasuk kemerahan, sakit kepala, mual, muntah, dan detak jantung yang cepat.

Obat itu menyebabkan efek samping sekitar satu jam demi mencegah orang kembali minum alkohol. Orang yang memakai disulfiram diperingatkan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol, seperti beberapa saus, cuka, sirup obat batuk, karena paparan bahkan walau hanya sejumlah kecil alkohol dapat memicu reaksi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini