Salut! Mahasiswa Udayana Rakit Robot, Kayak Gini Bentuknya!

Salut! Mahasiswa Udayana Rakit Robot, Kayak Gini Bentuknya! Foto: Crunhbase

Bermacam teknologi berhasil membantu menekan penyebaran COVID-19, maka dari itu inovasi selalu muncul dari berbagai belahan dunia. Hal yang sama pun terjadi di Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Mahasiswa Elektro dan Teknik Mesin Universitas Udayana menciptakan robot asisten yang membantu tenaga medis merawat pasien positif COVID-19. Nama robotnya, Ratna.

"Robot itu bertujuan membantu tenaga medis, seperti dokter dan perawat, berkomunikasi dengan pasien positif COVID-19 melalui monitor dan kamera yang dikendalikan dari jauh, tanpa harus bertatap muka," begitu bunyi laporan Sindonews, dikutip Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga: Peluncuran Robot Penjelajah MARS oleh NASA Ditunda

Baca Juga: Ini Keterangan WHO Soal Penyebaran Covid-19 Lewat Udara

Selain itu sejumlah alat medis juga disediakan seperti alat pengukur tekanan darah dan termometer sehingga kondisi pasien bisa dikontrol setiap saat.

Mahasiswa Universitas Udayana, I Gede Feryanda Fransisca berujar, "robot ini akan terus dikembangkan dan rencananya akan diserahkan ke pihak gugus tugas di RSPTN Udayana diharapkan robot Ratna dapat menekan risiko tenaga medis yang kini sudah turut menjadi korban COVID-19."

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini