Contact Tracing: Upaya Selamatkan Jiwa dan Pulihkan Ekonomi

Contact Tracing: Upaya Selamatkan Jiwa dan Pulihkan Ekonomi Foto: VMware

Sektor-sektor pemerintahan, bisnis, hingga lembaga pendidikan, saat ini tengah menunggu-nunggu keputusan dan rencana kapan mereka dapat membuka operasional kembali. Semua organisasi berharap operasional mereka bisa segera pulih ke kondisi normal.

Untuk itu, mereka perlu memastikan bahwa infrastruktur kesehatan sudah diterapkan dengan baik sebagai fondasi untuk dibukanya kembali perekonomian dengan menekan risiko munculnya gelombang wabah Covid-19 baru lagi. Salah satu yang sering muncul dalam diskusi adalah pemanfaatan teknologi untuk contact tracing atau pelacakan kontak.

Pelacakan kontak sudah dikenal sejak dulu sebagai strategi di dunia kesehatan hingga dalam menangani pandemi di masa sekarang ini. Prosesnya mencakup pengembangan "jaring laba-laba" informasi dalam mengidentifikasi individu yang terinfeksi di sebuah komunitas. Namun demikian, proses ini begitu memakan waktu dan tenaga yang cukup besar. Bahkan, di AS sendiri, kegiatan ini memerlukan dukungan dari lebih dari 100.000 personel kesehatan yang sudah terlatih.

Di dunia digital modern saat ini, sudah lazim bila teknologi dapat mengambil peran dalam proses pelacakan kontak dan transmisi penyakit. Namun lagi-lagi, muncul sejumlah kontroversi atas pemanfaatan teknologi ini. Sebagai contohnya adalah masalah privasi. Muncul kontroversi dalam pemanfaatan teknologi untuk melacak posisi seseorang, kapan, dan bagaimana mereka bertemu dengan sesiapa saja.

Ini menjadi hal yang sangat sensitif di masyarakat, karena menyangkut soal privasi. Peranti untuk melacak musti dikembangkan dan digunakan dalam koridor etis yang berlaku. Dalam pemanfaatan aplikasi-aplikasi ini ada regulasi setempat yang wajib dipatuhi. Pengembangannya pun haruslah dengan kesadaran penuh, karena juga mencakup soal bagaimana melacak pergerakan pathogen-pathogen ini, serta bagaimana masyarakat bisa terinfeksi.

Namun, jika teknologi digunakan dengan tepat, strategi pelacakan kontak bisa menjadi kunci penting dalam proses mitigasi merebaknya kembali suatu penyakit.

Inovasi dalam Pengembangan Aplikasi Contact Tracing

Ada dua hal yang perlu digarisbawahi saat tim VMware menjalin kemitraan dengan National Health Service di Inggris Raya dalam pengembangan bersama aplikasi pelacakan kontak

1. Bahwa aplikasi ini harus sudah bisa dioperasikan sesegera mungkin;

2. Butuh personel yang tepat dalam pengembangan, penggelaran, pembaruan, hingga peningkatan aplikasi dari waktu ke waktu.

Sejumlah pakar dari beragam bidang perlu duduk bersama dan terlibat untuk menjawab berbagai hal krusial dalam pengembangan aplikasi ini, contohnya sebagai berikut

  • Pakar medis dan kesehatan publik – pertanyaan untuk epidemiologi dan saintis data medis: "Apakah aplikasi ini bisa menyelamatkan nyawa kami nantinya?"
  • Pertanyaan untuk para politisi: "Apakah prosedur ini sudah aman dan tepat untuk mendukung proses menuju pemulihan kembali kondisi bangsa?"
  • Pertanyaan untuk pakar etis dan ahli di bidang privasi: "Apakah ini sudah mempertimbangkan soal kebutuhan akan privasi dan riset klinis jangka pendek dan panjang?"
  • Pertanyaan untuk teknologiwan: "Apabila ini diterapkan nantinya, bagaimana Anda menjamin bahwa keamanan dan perlindungan data dapat diterapkan dengan baik?"

Satu pertanyaan yang krusial untuk dijawab sebenarnya adalah apakah aplikasi ini nantinya akan efektif dalam menyelamatkan jiwa dan mendorong masyarakat untuk pulih kembali ke kondisi normal?

Hanya dalam waktu beberapa minggu saja, VMware berhasil mengembangkan aplikasi yang mendukung NHS dalam menerapkan pelacakan kontak dan proses pengujiannya. Kami sigap untuk lebih dalam mengembangkan sebuah produk yang nantinya bisa digelar secara luas dalam menyelamatkan jiwa manusia semaksimal mungkin.

Aplikasi pelacakan kontak oleh NHS saat ini tengah dalam fase penggunaan berikutnya agar bisa digunakan secara luas di Inggris untuk menggelar program trace-and-test, baik secara daring maupun manual. Aplikasi ini bisa memberikan peringatan bahwa ada seseorang di sekitarnya yang kemungkinan sudah terinfeksi sehingga mereka dapat segera melakukan tindakan selanjutnya untuk menjaga diri dan agar orang-orang di sekitarnya aman.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan akses ke hasil tes. Dalam kolaborasi ini, NSH menerapkan model sumber terbuka dalam pengembangan aplikasi sebagai dukungan dalam melakukan pendekatan baru dan memudahkan pakar keamanan dan privasi dalam melakukan inspeksi. Strategi ini juga memungkinkan pendekatan dalam pengembangan aplikasi dilakukan secara terbuka.

Upaya Global Selamatkan Jiwa dan Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi

Perusahaan teknologi merupakan jantung dari implementasi aplikasi-aplikasi semacam ini. Namun demikian, kami memandang bahwa masih dibutuhkan arahan dari pemerintah dan pihak-pihak yang berwenang terkait sistem kesehatan nasional di sebuah negara. Hal ini agar menjamin bahwa aplikasi ini nantinya mengakomodasi budaya setempat, diterima secara politis, serta mampu memenuhi kebutuhan warga akan privasi.

Peran kami sebagai perusahaan teknologi adalah dalam rangka mendukung pihak-pihak tersebut yang tak kenal lelah dalam upaya menyelamatkan jiwa dan mendorong pulihnya pertumbuhan ekonomi bangsa.

Kami bangga dengan kolaborasi bersama NHS ini. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pelacakan kontak tercanggih di dunia saat ini. Dibangun dengan mengambil pengalaman penerapan di negara-negara lain dan berpacu dengan waktu agar bisa diterapkan untuk seluruh warga. Saat ini, kami juga tengah bekerja sama dengan sejumlah negara agar dapat mendayagunakan kapabilitas aplikasi ini dengan cepat.

Namun demikian, sebagai seorang teknologiwan, saya dapat memahami bahwa peranti lunak yang kami gunakan dalam penerapan aplikasi ini harus dapat dioperasikan secara lintas wilayah dan negara. Karena pandemi yang merajalela tak mengenal lagi batas-batas wilayah negara. Sebagai contohnya, lemahnya pengimplementasian pelacakan kontak di AS serta keditakkonsistenan dalam penerapan pendekatan wilayah per wilayah dirasa akan kurang efektif dalam upaya mitigasi pandemi ini. Penerapan strategi yang baik, akan mendorong upaya pemulihan kembali ekonomi.

Virus ini tak kenal batas-batas wilayah, terlebih bahwa saat ini dunia sudah makin terkoneksi. Oleh karenanya, menciptakan interoperabilitas antar-wilayah negara dan lintas internasional menjadi sangat krusial.

Aplikasi pelacakan kontak punya peranan cukup penting bagi perusahaan, lembaga pendidikan, maupun lembaga-lembaga lainnya. Bayangkan bila semua entitas perlu aplikasi pelacakan kontak sendiri untuk melindungi karyawan, pelanggan, dan seluruh ekosistem di dalamnya. Seperti di lembaga pemerintahan, misalnya. Mereka tengah mencari cara yang tepat agar pegawai-pegawai negeri bisa segera kembali bertugas, siswa, dan karyawan bisa kembali beraktivitas.

Sebagai pimpinan, kami menyadari akan perlunya perlindungan kesehatan bagi karyawan di semua lapisan dan mencegah buka-tutup kantor secara berulang-ulang. Tantangan tentu akan terus hadir, terutama terkait dengan produktivitas di mana masalah keselamatan jiwa dan keamanan karyawan harus menjadi pertimbangan utama. Untuk itulah, sesuai dengan komitmen kami dalam menghadirkan cara baru dalam bekerja, kami berencana untuk menyematkan sejumlah kapabilitas baru pada platform digital workspace milik kami agar dapat mendukung keselamatan karyawan, sekaligus mendorong produktivitas kerja terfasilitasi dengan baik.

Seiring dengan makin banyaknya perusahaan yang mempertimbangkan penerapan teknologi ini, diskursus mengenai arsitektur untuk pengembangan aplikasi pelacakan kontak juga kian mengemuka. Namun bagi kami, mitra teknologi terbaik adalah mereka yang dapat dengan cepat beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan akan teknologi.

Pemanfaatan Teknologi untuk Kebaikan Seluruh Umat Manusia

Saat ini kita telah menginjak di fase baru pandemi. Kami bangga dapat mendukung pelanggan dalam menghadirkan layanan-layanan penting bagi seluruh warga dunia. Kami berharap dapat terus berperan serta dalam membantu institusi-institusi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan di dunia dalam upaya pemulihan ekonomi dan keselamatan jiwa warga masyarakat.

Kami merasa bahwa inilah saat yang tepat bagi kita semua untuk fokus dalam bagaimana memanfaatkan teknologi untuk kebaikan seluruh umat manusia.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini