Walau Pengiriman PC Naik 2 Digit, Analis Malah Pesimis Sebab ....

Walau Pengiriman PC Naik 2 Digit, Analis Malah Pesimis Sebab .... Foto: Unsplash/Rawpixel

Sistem kerja dari rumah (work from home) telah mendatangkan berkah bagi industri komputer personal (personal computer/PC). Pada kuartal II 2020, ada peningkatan pengiriman PC meningkat hingga dua digit daripada periode serupa tahun lalu.

Menurut Gartner, pengiriman PC pada kuartal II mencapai 64,8 juta unit; meningkat 2,8%. Sementara menurut IDC, pengiriman global PC mencapai 72,3 juta unit; meningkat 11,2% daripada tahun lalu.

"Setelah rantai pasokan PC sangat terganggu pada awal 2020 karena pandemi, sejumlah pertumbuhan pada kuartal II berasal dari distributor dan saluran ritel yang meningkatkan persediaan mereka," kara Direktur Riset Gartner, Mikako Kitagawa, seperti yang Warta Ekonomi kutip dari Endgadget, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Segini Harga HP Xiaomi per Juli 2020, Ada yang Rp1 Jutaan!

Baca Juga: Ini Harga HP Vivo per Juli 2020, dari Vivo Y50 Sampai Y30!

Segmen PC atau laptop bergerak dengan baik karena pembelajaran jarak jauh dan sistem kerja dari rumah. Namun, kedua lembaga riset itu ragu kalau permintaan itu akan berlanjut pada tahun depan.

Kitagawa menyebut kenaikan itu hanya berlaku jangka pendek. Wakil Presiden Riset IDC, Linn Huang pun berujar, "dengan inventaris yang masih dipesan kembali, kenaikan permintaan itu akan berlanjut hingga Juli. Namun, saat kita memasuki resesi global yang lebih parah, sentimen akan semakin buruk."

Namun untuk saat ini, pengiriman PC di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika telah melampaui harapan. HP dan Lenovo jadi vendor yang menduduki puncak daftar produsen PC terbesar, disusul oleh Dell; menurut data IDC dan Gartner.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini