Militer China Makin Menggila, AS Ciut sampai Tarik Kapal Induk

Militer China Makin Menggila, AS Ciut sampai Tarik Kapal Induk Foto: Foto/REUTERS

Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) akhirnya memulangkan kapal induk tenaga nuklir, USS Theodore Roosevelt, setelah enam bulan berlayar untuk mendukung operasi Indo-Pasifik.

Dikutip langsung dari situs resmi Angkatan Laut Amerika, USS Theodore Roosevelt yang membawa lebih dari 6.000 pasukan tiba di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, Kamis (9/7/2020).

Dalam laporan lainnya, Angkatan Laut Amerika menyatakan bahwa sudah mengirim kapal induk yang diluncurkan pada 1984 ini. Seperti yang diketahui, USS Theodore Roosevelt adalah salah satu dari tiga kapal induk yang dikirim untuk mendukung operasi Indo-Pasifik.

Baca Juga: Klaster Pangan BUMN Sinergi Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Baca Juga: China Bikin Kapal Tenaga Nuklir, AS Ketar-ketir

Selain USS Theodore Roosevelt, Angkatan Laut Amerika juga mengirim dua kapal induk lainnya, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Pengerahan tiga kapal induk tak lain adalah respons Amerika atas aksi pamer kekuatan militer dan sejumlah klaim yang dilakukan, oleh China dan Tentara Pembebasan Rakat (PLA).

"Saya sangat bangga dengan (USS) Theodore Roosevelt Strike Group dan semua yang telah mereka capai. Mereka beroperasi di berbagai lingkungan yang kompleks," ujar Komandan Grup Tempur Kapal Induk ke-9 Angkatan Laut Amerika, Laksamana Muda Dough Verissimo.

Mulai dari bagaimana menanggapi pandemi internasional untuk beroperasi dengan aman di seluruh Indo-Pasifik, termasuk Laut China Selatan," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini