China Bikin Kapal Tenaga Nuklir, AS Ketar-ketir

China Bikin Kapal Tenaga Nuklir, AS Ketar-ketir Foto: Sindonews

Persaingan kekuatan militer antara China dan Amerika Serikat (AS) terus memanas. Amerika yang punya kekuatan militer terbesar tak bisa lagi menganggap remeh China, yang di sisi lain terus memperkuat sistem persenjataannya.

Sebuah data mengungkap bahwa ternyata kekuatan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) justru lebih dahsyat dari milik Angkatan Laut Amerika (US Navy). Dalam laporan The National Interest yang dikutip, saat ini China tengah membangun kapal induk raksasa dengan berat 85.000 ton.

Kapal induk itu disebut akan dilengkapi dengan sebuah senjata elektromagnetik. Tak hanya itu, dengan sistem persenjataan yang dimiliki, kapal induk yang akan memiliki nomor seri 003 punya jangkauan serang yang lebih besar.

Baca Juga: Opung Luhut Happy, Bawa Kabar Baik

Kapal induk 003 China disebutkan juga bakal menjadi kapal induk pertama Negeri Tirai Bambu yang menggunakan tenaga nuklir.

Di sisi lain, ada bukti lainnya yang membuktikan armada militer laut China lebih kuat dalam segi kuantitas dibanding Amerika. Saat ini Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China memiliki 360 kapal perang. Jumlah tersebut jauh berada di atas Angkatan Laut Amerika yang hanya memiliki 297 kapal perang.

Amerika ternyata sudah memantau peningkatan signifikan armada laut militer China. Hal tersebut diketahui dari Laporan Layanan Penelitian Kongres Amerika (Congressional Research Service Reports) pada Mei 2020, Modernsisasi Angkatan Laut China: Implikasi Bagi Kemampuan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini