Danone-LIPI Produksi AITAMIE dan PROBARZ Gratis untuk Balita

Danone-LIPI Produksi AITAMIE dan PROBARZ Gratis untuk Balita Foto: WE

Pada kondisi pandemi COVID-19, isu nutrisi di Indonesia perlu menjadi perhatian khusus, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak. Selain itu, Indonesia juga masih menghadapi tantangan permasalahan gizi buruk, khususnya stunting dimana prevelensi terakhir di Indonesia berdasarkan hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) 2019 menunjukan sebesar 27,67%, atau dapat dikatakan setiap 10 anak ada 3 di antaranya yang mengalami stunting. 

Adalah Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia melakukan inisiatif untuk mendukung peningkatan asupan gizi balita dari keluarga tidak mampu dengan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Kolaborasi ini terkait riset dan teknologi untuk memproduksi produk suplementasi gizi “AITAMIE” dan “PROBARZ”  yang terfortifikasi dari sumber daya dan diproduksi secara lokal yang akan di bagikan secara gratis. Dalam kolaborasi ini, Danone SN juga menggandeng Foodbank of Indonesia (FOI) untuk pendistribusianya ke seluruh daerah.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia mengatakan, akibat wabah COVID-19, anak-anak yang menderita kurang gizi di Indonesia berpotensi semakin meningkat. Padahal, selain berperan bagi pemenuhan kebutuhan gizi dan tumbuh kembang anak, nutrisi harian dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seorang anak dan menentukan masa depan bangsa Indonesia. 

Ainia Herminiati, Peneliti Madya Bidang Kepakaran Pangan dan Gizi, Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (P2TTG) LIPI, mengatakan, pandemi COVID-19, mengancam 24 juta balita dengan risiko lebih tinggi mengalami kurang gizi atau gizi buruk. "Perlu adanya komoditas esensial yang kaya nutrisi untuk anak-anak yang dapat menyangga kebutuhan nutrisi mereka minimal selama dua bulan."

Suplementasi gizi “AITAMIE” dan “PROBARZ”  diperuntukkan bagi anak-anak berusia diatas satu tahun. PROBARZ berbentuk snack bar yang terbuat dari pisang, susu, telur, dan bahan-bahan bebas gluten dengan diformulasikan khusus sesuai dengan kebutuhan yang direkomendasikan untuk anak-anak agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama bencana seperti pandemi COVID-19. Sedangkan, AITAMIE merupakan produk makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi, mengandung beta karoten, bebas bahan pengawet dan tanpa pewarna sintetis serta terbuat dari komoditas lokal berkualitas tinggi seperti: tepung jagung olahan, tepung mocaf, tepung tempe dan tepung beras. AITAMIE juga cocok untuk anak-anak yang menghindari makanan yang mengandung gluten karena produk ini bebas gluten. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini