Telkomsel Ajukan Kasus Denny Siregar ke Kepolisian

Telkomsel Ajukan Kasus Denny Siregar ke Kepolisian Foto: Telkomsel

Telkomsel tengah menindaklanjuti kasus kebocoran data yang menimpa pegiat media sosial Denny Siregar. Kasus ini ditindaklanjuti dengan investigasi internal dan dilanjutkan dengan laporan kepada kepolisian.

"Telkomsel telah melakukan proses investigasi dan menindaklanjutinya dengan mengajukan laporan resmi kepada aparat penegak hukum melalui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada tanggal 8 Juli 2020," ujar Andi Agus Akbar, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Gelar Tinc Batch 5, Telkomsel Perkuat Kolaborasi Bersama Inovator

Adapun tindak lanjut ini merupakan hasil dari koordinasi yang dilakukan oleh Telkomsel dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Telkomsel juga saat ini tengah berkoordinasi dengan aparat hukum guna memperlancar penyidikan terkait kasus Denny Siregar.

"Saat ini, kami terus melakukan koordinasi secara intensif dengan aparat penegak hukum guna membantu kelancaran proses lanjutan atas pelaporan yang telah diajukan, serta memercayakan sepenuhnya pada proses hukum yang sudah berjalan, sesuai aturan yang berlaku," ujar Andi.

Telkomsel juga memastikan bahwa prosedur keamanan data yang dilakukan oleh Telkomsel sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

"Mengenai keamanan informasi, Telkomsel juga memastikan operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengn standar sertifikasi ISO 27001, di mana proses sertifikasi secara berkala ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional," lanjut Andi.

Kasus Denny Siregar bermula saat pegiat sosial tersebut mengatakan bahwa Denny menyebut datanya bocor. Bocornya data miliknya disinyalir berasal dari data registrasi SIM di Telkomsel.

Kebocoran data milik Denny pertama diungkapkan oleh akun Twitter dengan nama @Opposite6891. Data yang bocor tentang Denny berisi KK, NIK, OS, IMEI, dan perangkat yang digunakan oleh Denny.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini