Ini Lho Daftar Aktivitas dan Risiko Kena Covid-19 Versi Dokter AS

Ini Lho Daftar Aktivitas dan Risiko Kena Covid-19 Versi Dokter AS Foto: Unsplash/Erik Witsoe

Kasus Covid-19 yang semakin meningkat mendorong sejumlah dokter dari Texas, Amerika Serikat untuk membuat daftar aktivitas berdasarkan risiko paparan Covid-19. Daftar peringkat ini terdiri dari 37 aktivitas yang umum dilakukan masyarakat dalam keseharian.

Sekelompok dokter ini tergabung dalam Satuan Tugas Covid-19 dan Komite Penyakit Menular dari Texas Medical Association. Mereka memberikan poin dengan skala 1-10 untuk tiap aktivitas. Semakin tinggi poin, semakin besar pula risiko penularan Covid-19 yang mungkin terjadi dari aktivitas tersebut.

Baca Juga: AS Rela Kucurkan Rp8,9 Triliun Upgrade Rudal untuk Lawan China

Peringkat risiko dari tiap aktivitas ditentukan dengan asumsi para partisipan sudah menerapkan beragam protokol kesehatan sebaik mungkin. Peringkat risiko juga ditentukan berdasarkan kondisi dalam atau luar ruangan.

Sebagai contoh, kegiatan seperti pergi ke bar atau menghadiri acara keagamaan dengan lebih dari 500 orang jamaah memiliki risiko yang sangat tinggi dengan poin 9. Sementara itu, membuka surat memiliki risiko yang rendah dengan poin 1.

Ketua Texas Medical Association Dr Diana Fite mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan baik. Selain itu, Fite juga mengimbau masyarakat untuk menghindari keluar rumah sebisa mungkin.

Bila harus keluar rumah, Fite menekankan pentingnya disiplin dalam jaga jarak sosial dan penggunaan masker. Saat berada di luar rumah, sebisa mungkin batasi kontak fisik dengan orang lain.

Berikut ini adalah daftar peringkat lengkap dari 37 aktivitas yang disusun oleh Fite dan tim, seperti dilansir Fox News.

Risiko tinggi (8-9 Poin):

Pergi ke bar

Menghadiri acara keagamaan dengan lebih dari 500 jemaah

Pergi ke stadium olahraga

Menghadiri konser musik besar

Pergi ke bioskop

Pergi ke taman hiburan

Berolahraga di gym

Bersantap prasmanan

Risiko sedang-tinggi (7 Poin):

Memeluk atau menjabat tangan saat menyapa teman

Bermain sepak bola

Bermain basket

Berpergian dengan pesawat

Menghadiri pernikahan atau pemakaman

Bersantap di restoran (dalam ruangan)

pergi ke salon atau barbershop

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini