Hiroshi Mikitani, Bos e-Commerce Terbesar Jepang Berharta Rp87 T

Hiroshi Mikitani, Bos e-Commerce Terbesar Jepang Berharta Rp87 T Foto: Twitter/computing_ideas

Pendiri e-commerce terbesar di Jepang, Rakuten adalah sosok bernama Hiroshi Mikitani yang mendirikan Rakuten sejak tahun 1997. Pertumbuhan Rakuten pun cukup moncer. Banyak yang menilai hal ini lantaran 'doa' di dalam nama Rakuten sendiri yang berarti optimis.

Hiroshi Mikitani adalah sosok yang memiliki akademik dan karir yang cemerlang. Ia merupakan lulusan Universitas Hitotsubashi tahun 1988 yang melanjutkan studinya ke Harvard Business Scholl pada tahun 1993 dengan gelar master Administrasi Bisnis.

Baca Juga: Berkat Corona, Pria Putus Sekolah Ini Jadi Miliarder Baru Jepang

Usai lulus kuliah, ia sempat berkarir di AS. Namun, pada tahun 1995 sempat terjadi gempa bumi besar di tempat kelahirannya di Kobe, Jepang hingga ia harus kembali ke negaranya dan membantu revitalisasi ekonomi Jepang.

Pria kelahiran 11 Maret 1965 ini tertarik untuk membuka bisnisnya sendiri setelah kembali ke Jepang. Revolusi internet pun menjadi awal berkembangnya e-commerce di Jepang. Meski berisiko, Mikitani yakin mendirikan situs web e-commerce nya sendiri.

Pada 7 Februari 1997, ia pertama kali mendirikan perusahaan bernama MDM, Inc. dengan tiga pendiri lainnya, sekaligus meluncurkan Rakuten. Tahun 1999, perusahaan pun berganti nama menjadi Rakuten Inc.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini