Mungkinkah China Musnahkan Kapal Induk AS, Hasil Analisis...

Mungkinkah China Musnahkan Kapal Induk AS, Hasil Analisis... Foto: US Navy

Surat kabar pemerintah China, The Global Times, telah sesumbar bahwa rudal pembunuh kapal Beijing dapat dengan mudah menghancurkan kapal induk Amerika Serikat (AS) di Laut China Selatan.

"Kami bisa menenggelamkan Anda ... jika kami mau," bunyi laporan media corong Partai Komunis China tersebut.

Baca Juga: AS Sengaja Ungkit Jeleknya China di Depan India, Supaya Perang?

Itu adalah pesan yang tidak terlalu halus dari China untuk dua kapal induk Amerika; USS Ronald Reagan dan USS Nimitz, yang saat ini sedang melakukan operasi pelatihan di Laut China Selatan.

"Kapal induk AS di wilayah tersebut sepenuhnya dalam jangkauan Tentara Pembebasan Rakyat China ... yang memiliki berbagai pilihan senjata anti-kapal induk seperti rudal DF-21D dan DF-26," lanjut laporan The Global Times mengutip para pakar Angkatan Laut China.

Namun, klaim China bahwa kapal-kapal induk Amerika sangat rentan adalah pertanyaan yang terbuka untuk diperdebatkan. Rudal-rudal pembunuh kapal itu dilaporkan memiliki jangkauan sejauh 900 mil laut dan telah dianggap sebagai ancaman signifikan bagi kapal induk Washington.

Mengutip laporan analisis majalah National Interest, Jumat (10/7/2020), fakta bahwa begitu cepatnya rudal DF-21D dan DF-26 ini, sehingga kalaupun tidak memiliki hulu ledak, mereka akan melewati kapal, meninggalkannya mati di air.

Lebih jauh lagi, intersepsi senjata hipersonik yang melesat melebihi Mach 5, juga akan sulit. Bukan tidak mungkin, tetapi sulit.

Teknologi di bidang ini berkembang pesat, dan untuk setiap senjata, selalu ada cara untuk membelokkan atau menghentikannya. Sebagian besar, jika tidak semua, dari proyek-proyek ini sangat rahasia.

Untuk mempertahankan kapal induk, latihan militer AS melibatkan upaya untuk mempersiapkan kemungkinan serangan ganda kapal induk yang terkoordinasi. Yang terakhir akan memberikan keuntungan besar bagi opsi serangan maritim dengan, pada dasarnya, melipatgandakan daya tembak, potensi pengawasan dan kemampuan senjata.

Tidak hanya opsi serangan ganda kapal induk dapat memperluas kemampuan Angkatan Laut untuk mencapai target darat ke tingkat yang lebih besar, memperpanjang waktu pencarian target dan memungkinkan serangan multi-platform yang terkoordinasi, opsi itu juga sangat meningkatkan serangan kapal perusak dan penjelajah meluncurkan rudal.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini