Apa Itu Pembiayaan Piutang?

Apa Itu Pembiayaan Piutang? Foto: Unsplash/Rawpixel

Pembiayaan piutang adalah meminjamkan uang terhadap sejumlah piutang yang sedang berjalan di sebuah perusahaan. Perjanjian pembiayaan piutang dapat disusun dengan berbagai cara yang biasanya dengan dasar sebagai penjualan aset atau pinjaman.

Pembiayaan piutang biasanya untuk pembiayaan jangka pendek yang dijamin oleh piutang. Tindakan ini dapat mendatangkan dana segar bagi perusahaan sehingga bisa dengan segera digunakan untuk mengatasi lambatnya arus kas dan kurangnya ketersediaan kas di perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Anjak Piutang?

Pembiayaan piutang juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan akses cepat ke uang tunai tanpa melewati rintangan atau harus menunggu lama demi mendapatkan pinjaman bisnis.

Ketika sebuah perusahaan menerima pinjaman anjak piutang, perusahaan mungkin dapat memperoleh 100% dari nilai dengan segera. Namun, ketika piutang dibayarkan maka pengusaha wajib mengembalikan pinjaman tersebut. 

Meski pembiayaan piutang menawarkan sejumlah keuntungan, hal ini juga dapat membawa konotasi negatif. Seperti, pembiayaan piutang usaha dapat lebih mahal daripada pembiayaan melalui pemberi pinjaman tradisional, terutama bagi perusahaan yang dianggap memiliki kredit buruk. 

Selain itu, bisnis dapat kehilangan uang dari spread yang dibayar untuk piutang dalam penjualan aset. Dengan struktur pinjaman, biaya bunga mungkin tinggi atau mungkin jauh lebih banyak daripada diskon atau penghapusan default.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini