Telkom Group Bangun Data Center Standar Internasional

Telkom Group Bangun Data Center Standar Internasional Foto: Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun data center skala besar berstandar global, Telkom HyperScale Data Center (HDC). Hal ini memantapkan langkah Telkom menjadi digital telko dengan memperkuat fondasi bisnis digital di masa depan, khususnya untuk domain digital platform.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menjelaskan bahwa Telkom HDC merupakan wujud komitmen Telkom menjadi digital telecommunication company melalui akselerasi terhadap bisnis digital platform.

"HDC membuktikan keseriusan Telkom untuk menjadi the biggest player di pasar digital platform. Dengan kemampuan untuk menyediakan fasilitas high density capacity, data center ini tidak hanya dapat digunakan oleh korporasi dan pelaku industri di Indonesia, tapi juga untuk pemain besar content player kelas dunia," ujar Ririek berdasarkan keterangan resmi, (9/7/2020).

Baca Juga: Asyik, Asyik... Akhirnya Telkom Buka Akses Netflix!

Ririek mengatakan, Telkom HDC dibangun di lahan seluas 65.000 meter persegi (m2) dengan total kapasitas hingga 10.000 rack, dengan konsep green data center. Telkom HDC berkomitmen untuk menekan penggunaan emisi gas karbondioksida dengan merencanakan pembangunan pembangkit listrik tenaga gas serta penggunaan solar panel untuk area umum dan kantor di sekitar lokasi area.

"Dengan konsep ECO (Evolve, Connected, & Origin) - green data center dan menggunakan anyaman sebagai material untuk desain gedung. Ini menunjukkan semangat Telkom Group untuk terus bertumbuh melalui inovasi dan eksplorasi yang mengedepankan peningkatan efektivitas dan efisiensi demi menciptakan pengalaman digital terbaik pelanggan, namun tidak meninggalkan sentuhan ciri khas budaya Indonesia di dalamnya," ujar Ririek.

Komitmen Telkom Group dalam bisnis data center dibuktikan dengan selalu menjadi yang pertama dalam mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional, kategori sertifikasi tier 3 dan 4, menjadikan data center ini memiliki spesifikasi, fasilitas, dan level servis terbaik dengan 99,995 persen uptime dan fully-redundant infrastruktur.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini