Benarkah Virus Corona Menyebar Tak Cuma Via Droplet, Tapi Bisa...

Benarkah Virus Corona Menyebar Tak Cuma Via Droplet, Tapi Bisa... Foto: Sufri Yuliardi

Belum lama ini, beredar sebuah pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menyebutkan bahwa virus corona penyebab Covid-19 bisa menyebar lewat udara. Kabar tersebut sontak menimbulkan tanda tanya besar di tengah masyarakat Indonesia.

Kutipan dalam pesan itu menjelaskan bahwa virus corona bisa bertahan di udara dan melayang-layang sampai 8 jam setelah keluar dari tubuh penderita saat bersin atau batuk, dan tidak lagi membutuhkan medium cairan untuk bertahan.

Baca Juga: Masih Dihantui Corona, Poyuono Khawatir Perusahaan Jadi Zombie

Pesan berantai ini juga mengklaim virus corona bisa bertahan lebih lama di ruangan tertutup. Bahkan cenderung lebih cepat mendarat di tubuh orang yang berada di dalamnya, karena udara berputar-putar di situ-situ saja.

“Maka, bapak dan ibu tolong kita ikuti prtokol yang semakin ketat ini yaitu bahwa kalau kita keluar, biarpun tidak ke kerumunan massa, wajib pakai masker untuk saling melindungi satu sama lain. Karena menurut WHO ada satu golongan baru dalam proses penularan wabah ini yaitu, OTG (orang tanpa gejala). Di mana mereka memiliki suhu tubuh normal, tidka batuk tapi sudah membawa virus karena daya tahan tubuhnya cukup kuat,” tulis pesan tersebut yang mengatasnamakan Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini