Arab Saudi-China Makin Lengket, Kerja Sama Meningkat

Arab Saudi-China Makin Lengket, Kerja Sama Meningkat Foto: Reuters/Huseyin Aldemir

Arab Saudi mengumumkan rencananya menggelar KTT Arab-China. Hal itu diharapkan dapat mempererat kerja sama strategis antara kedua belah pihak.

“Kerja sama Arab-China meningkat dalam kekuatan dan keragaman setiap harinya. Ini adalah kerja sama yang didasarkan pada rasa saling menghormati prinsip-prinsip hukum dan norma internasional; kedaulatan dan kemerdekaan negara, komitmen untuk resolusi damai dari konflik, dan keinginan bersama memperdalam serta memperkuat bidang kerja sama guna mewujudkan kepentingan masyarakat Arab dan China,” kata Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan pada Selasa (7/7/2020), dilaporkan Saudi Press Agency.

Baca Juga: Mantap! Partai Komunis China dan Parpol Negara Arab Perkuat Kerja Sama

Menurut dia, posisi China dan negara-negara Arab kerap diselaraskan dalam forum internasional. Terutama dalam hal membangun pondasi perdamaian, keamanan, dan kemakmuran bagi semua orang.

"Upaya bersama kami untuk menghadapi Covid-19 adalah beberapa buah dari kerja sama ini,” ujar Pangeran Faisal.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengungkapkan, tanggal untuk perhelatan KTT Arab-China akan diumumkan setelah kedua belah pihak menyepakati pengaturan waktunya. Rencana Saudi menjadi tuan rumah KTT Arab-China diungkapkan pasca diselenggarakannya Forum Kerja Sama Negara Arab-China kesembilan secara virtual pada Senin (6/7/2020).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi memimpin forum tersebut. Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit turut berpartisipasi dalam pertemuan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini