Apa Itu Redenominasi Rupiah?

Apa Itu Redenominasi Rupiah? Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Redenominasi Rupiah adalah proses penyederhanaan nilai rupiah dari Rp1.000 menjadi Rp1. Namun, hal ini masih jadi wacana semata. Meski demikian, pemerintah kembali berencana untuk merealisasikan penyederhanaan angka pada mata uang atau redenominasi rupiah dalam lima tahun ke depan.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020-2024 yang diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 29 Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Rupiah Hari Ini Perkasa Lagi, Dolar AS dan Global Bye-Bye!

Redenominasi Rupiah dirancang untuk menciptakan sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman, dan handal. Dalam kajian Bank Indonesia (BI) dijelaskan, redenominasi bukanlah sanering atau pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang. Redenominasi dilakukan dalam kondisi ekonomi yang stabil menuju kearah yang lebih sehat. Sementara, sanering adalah pemotongan uang dalam kondisi ekonomi yang tidak sehat dan dipotong nilai uangnya.

Redenominasi hanya menghilangkan beberapa angka nolnya saja. Dengan demikian, redenominasi akan menyederhanakan penulisan nilai barang dan jasa yang diikuti pula penyederhanaan penulisan alat pembayaran (uang). Redenominasi akan menyederhanakan sistem akutansi tanpa menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini