Ini Tulah Presiden Akibat Mulutnya Sembarangan

Ini Tulah Presiden Akibat Mulutnya Sembarangan Foto: Reuters/Adriano Machado

Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang berulang kali meremehkan bahaya Virus Corona, terkonfirmasi positif Covid-19, setelah hasil tesnya dipublikasikan. Dia adalah pemimpin dunia kedua, setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang tertular virus itu.

Dengan lebih dari 1,6 juta kasus yang dikonfirmasi pada hari Selasa, Brazil berada dalam pergolakan wabah terbesar kedua di dunia, di belakang AS.

Baca Juga: Anak Berusia 8 Tahun Tertular Corona oleh Teman Bermain

Lebih dari 65.000 orang di sana telah meninggal karena komplikasi terkait dengan Covid-19. Jumlah itu disinyalir karena keterlambatan dalam pengujian. Para peneliti Brazil percaya angka sebenarnya jauh lebih tinggi daripada penghitungan resmi.

Namun Bolsonaro, telah berulang kali meragukan keparahan virus sejak pertama kali ditemukan di Brazil, pada akhir Februari. Sekutu kunci Presiden Trump, yang juga pemimpin sayap kanan Brazil itu menyebut virus corona sebagai "flu kecil," menuduh media histeria dan berkampanye menentang penutupan yang dilakukan oleh para pemimpin lokal.

"Maaf," kata Bolsonaro pada bulan April, setelah korban tewas di negara itu mencapai 5.000, "tetapi apa yang Anda ingin saya lakukan tentang hal itu?"

Puluhan ribu kematian kemudian, Bolsonaro tetap dengan tegas mendukung pembukaan kembali dan menolak adanya social distancing, baik untuk orang lain dan dirinya sendiri.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini