APP Sinar Mas Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla di Jambi

APP Sinar Mas Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla di Jambi Foto: APP Sinar Mas

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui unit usahanya PT Wirakarya Sakti (WKS) memperkuat sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi (Integrated Fire Management/IFM) untuk mencegah karhutla pada musim kemarau 2020 di Jambi.

Upaya tersebut dilakukan salah satunya melalui gelar Apel Siaga Api yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, serta pelatihan bersama dengan Dinas Kehutanan dan TNI-Polri.

Pada acara Apel Siaga Api yang dilaksanakan Senin (6/7/2020) APP Sinar Mas beserta PT Wirakarya Sakti menyiagakan ratusan personel gabungan dari TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, MPA, swasta, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan dinas terkait lainnya.

Baca Juga: Bravo! PLN Kalahkan Malaysia dan Korsel, Bahkan Jepang

Selain itu, APP Sinar Mas juga menyiagakan personel pemadam kebakaran (RPK) dan Tim Reaksi Cepat (TRC), serta memperlihatkan peralatan ringan maupun berat berupa mesin pompa, nozzle pemadam multifungsi, dan perlengkapan transportasi.

GM Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka mengatakan APP Sinar Mas beserta unit usaha dan mitra pemasoknya mengedepankan metode monitoring yang ekstensif dan ditunjang dengan program pencegahan karhutla. Kedua metode tersebut merupakan sistem penanggulangan kebakaran hutan terintegrasi milik APP Sinar Mas dengan empat strategi utama, yaitu pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respons cepat.

"Untuk mencegah kemungkinan munculnya api, APP Sinar Mas bekerja sama dengan TNI-Polri, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat menjalankan Fire Prevention Project yang mencakup, antara lain penambahan fire prevention post di titik-titik rawan karhutla. Selain itu, kami juga mengedukasi masyarakat untuk tidak bercocok tanam menggunakan api dan mengikutsertakan mereka dalam upaya mitigasi api melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), sembari tetap menekan risiko penularan Covid-19 di rantai operasi," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini