Tol Balsam Bakal Kejutkan Ekonomi Kaltim

Tol Balsam Bakal Kejutkan Ekonomi Kaltim Foto: Hutama Karya

Sejak diberlakukan tarif Tol Balikpapan-Samarinda 14 Juni lalu, muncul berbagai opini mengeluhkan mahalnya tarif tol tersebut hingga desakan untuk penurunan tarif bahkan permintaan untuk pembebasan tarif.

Padahal keberadaan tol akan memberikan multi dampak bagi masyarakat Kaltim khusus dalam menopang pertumbuhan ekonomi terutama di kawasan yang dilintasi. 

Mulai dari efisiensi transportasi yang memangkas waktu tempuh, konsumsi bbm dan biaya pemeliharaan kendaraan, pengembangan kawasan pemukiman baru di sekitar jalan tol, hingga penyerap tenaga kerja, pendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi beban APBN untuk pembangunan jalan tol serta meningkatkan pendapatan daerah melalui pembayaran PBB dan pajak reklame.

Baca Juga: Istana Gak Larang-Larang Demo Tolak RUU HIP: Tapi Jangan Merusak

Baca Juga: Tegaskan Pemerintah Tolak RUU HIP, Mahfud MD: Kok Masih Demo?

Direktur Keuangan dan Administrasi PT JBS Adik Suprianto menuturkan dengan multiplayer effect tersebut, diharapkan akan memberikan manfaat yang jauh lebih baik. Apalagi akan terjadi konektivitas wilayah dengan ibukota nanti. Karena itu upaya penyelesaian tol menjadi komitmen Jasa Marga. 

”Meskipun dengan berbagai risiko yang sangat tinggi bagi BUJT untuk merampungkan proyek ini, Jasa Marga tetap berkomitmen menyelesaikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda tepat waktu agar dapat mendukung konektivitas di Ibu Kota Negara baru sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi dan wilayah,” tandas Adik, Selasa (7/7/2020). 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini