Apa Itu Mezzanine Financing?

Apa Itu Mezzanine Financing? Foto: Freepik

Mezzanine Financing adalah hibrida dari pembiayaan hutang dan ekuitas yang memberikan kreditur hak untuk mengkonversi ke bunga ekuitas dalam perusahaan, setelah perusahaan modal ventura dan pemberi pinjaman lainnya dibayar.

Mezzanine Financing sering dikaitkan dengan akuisisi dan pembelian, yang dapat digunakan untuk memprioritaskan pemilik baru di atas pemilik yang ada jika terjadi kebangkrutan.

Baca Juga: Apa Itu Buying on Margin?

Pembiayaan mezzanine menjembatani kesenjangan antara pembiayaan utang dan ekuitas yang merupakan salah satu bentuk utang berisiko tinggi. Hal ini lebih rendah dari ekuitas murni tetapi lebih senior dari hutang murni.

Namun, ini berarti bahwa ia juga menawarkan beberapa pengembalian tertinggi jika dibandingkan dengan jenis utang lainnya, karena sering menerima tingkat antara 12% dan 20% per tahun, dan kadang-kadang setinggi 30%.

Perusahaan akan beralih ke Mezzanine Financing untuk mendanai proyek pertumbuhan atau untuk membantu akuisisi dengan jangka waktu jangka pendek hingga menengah. Seringkali, pinjaman ini akan diberikan oleh investor jangka panjang dan penyandang dana modal perusahaan yang ada. Sejumlah karakteristik umum lain dalam penataan pinjaman mezzanine, seperti:

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini