Tito Turun Gunung, Berhasilkah Taklukkan Anies?

Tito Turun Gunung, Berhasilkah Taklukkan Anies? Foto: Antara/Moch Asim

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin Tito Karnavian akhirnya memutuskan turun tangan mengatasi masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta.

Kemendagri, Senin (6/7), menggelar rapat koordinasi dan memfasilitasi penyelesaian masalah ini. Rakor dipimpin Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori. 

Sementara yang diundang hadir adalah Plt. Irjen Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang, serta Sekda DKI Jakarta, Saifullah beserta jajarannya.

Baca Juga: Perhatian! Begini Rincian Kuota PPDB Jakarta Jalur Non-Akademis

"Alhamdulillah kami dari Kemendagri bersama dengan Kemendikbud dan juga dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membahas soal PPDB yang mengalami berbagai persoalan yang kita hadapi secara bersama," kata Hudori dalam konferensi pers usai rakor.

Hudori menjelaskan, pendidikan sebagai bagian dari urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar termuat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Karenanya pemerintah wajib menjamin keberlangsungannya.

"Kami tiga belah pihak (Kemendagri, Kemendikbud, dan Pemprov DKI Jakarta) sudah ada titik temu soal PPDB. Tadi kami secara kekeluargaan sudah membahas secara panjang lebar, secara prinsip sudah ada beberapa kesepakatan," ujarnya.

Sayang, tidak dijelaskan apa titik temu yang sudah disepakati tiga belah pihak ini. 

Sementara, Chatarina Muliana Girsang menuturkan, pihaknya telah melakukan sinergi bersama Pemprov DKI Jakarta terutama terkait jalur zona RW.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini