Cara Aktifkan VPN di Android, Bantu Amankan Jaringan Ponselmu!

Cara Aktifkan VPN di Android, Bantu Amankan Jaringan Ponselmu! Foto: Getty Images

Semakin banyak kegiatan Anda di dunia maya, semakin penting pula keamanan siber. Terlebih, bagi Anda yang masih melakukan pekerjaan dari rumah (work from home) sampai saat ini.

Nah, menggunakan jaringan pribadi virtual (virtual private network/VPN) bisa membantu Anda meningkatkan keamanan siber, termasuk di ponsel dan tablet berbasis Android.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengaktifkan VPN di Android Anda? Simak langkah-langkah yang Warta Ekonomi kutip dari Android Authority, Senin (6/7/2020) berikut ini:

Baca Juga: Kabar Baik Buat Pelanggan IndiHome & Telkomsel! Bentar Lagi Bisa Tonton Netflix Tanpa VPN

Baca Juga: 5 Situs Komik Online Buat Baca One Piece 984!

Cara Aktifkan VPN di Android

1. Lewat menu pengaturan ponsel

- Buka menut Pengaturan/Settings di ponsel Anda.

- Buka halaman pengaturan jaringan (WiFi & Internet atau Nirkabel & Jaringan).

- Klik menu VPN. Pada sejumlah perangkat, Anda mungkin perlu mendalami opsi dengan mengetuk More/Lainnya.

- Klik tanda plus di sudut kanan atas. Jika tidak tersedia, Anda mesti membuka opsi lanjutan (umumnya di ikon titik tiga vertikal).

- Masukkan informasi seperti alamat server, nama pengguna, dan kata sandi. Anda bisa mendapatkan informasi itu dari administrator jaringan.

Namun, ada keterbatasan dari cara mengaktifkan VPN lewat menu pengaturan sebab hanya ada dukungan untuk PPTP, L2TP, dan IPSec. Ketiganya bukan opsi yang paling aman, khususnya PPTP. Anda bisa gunakan cara kedua dan ketiga untuk mendapatkan opsi VPN yang lebih aman.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini