Kisah Sukses Pendiri Lippo Group yang Berawal dari Penjaga Toko

Kisah Sukses Pendiri Lippo Group yang Berawal dari Penjaga Toko Foto: Sufri Yuliardi

Konglomerat di balik Lippo Group ialah Mochtar Riady yang merupakan seorang pengusaha termuka di Indonesia. Bahkan pada 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat ke-38 dengan total kekayaan USD650 juta.

Ayah Mochtar Riady adalah seorang pedagang batik bernama Liapi, sedangkan ibunya bernama Sibelau (1889-1939). Kedua orangtuanya merantau dari Fujian dan tiba di Malang pada tahun 1918.

Mochtar Riady yang lahir di Malang, 12 Mei 1929 kini berusia 91 tahun. Meski usianya hampir seabad, Mochtar masih aktif berkegiatan, daya ingatnya kuat dan bertutur dengan lancar.

Baca Juga: Duitnya Gak Berseri, Keluarga Riady Beli Ratusan Juta Saham LPKR

Dulu sebelum sesukses sekarnag, Mochtar sempat diminta mengurus sebuah toko kecil yang dalam tiga tahun berhasil membuat toko mertuanya menjadi yang terbesar di kota Jember.

Namun, cita-cita sebagai bankir telah ia pendam sejak usia 10 tahun. Sayang, ayahnya tidak mendukung profesi bankir lantaran profesi itu hanya untuk orang kaya, sedangkan keluarga mereka saat itu sangat miskin.

Cita-citanya yang sangat ingin menjadi seorang bankir membuatnya untuk memutuskan pergi ke Jakarta pada tahun 1954, walaupun saat itu dia tidak memiliki seorang kenalan pun dan ditentang oleh keluarganya. Mochtar berprinsip jika sebuah pohon ditanam di dalam pot atau di dalam rumah tidak akan pernah tinggi, namun akan terjadi sebaliknya bila ditanam di sebuah lahan yang luas.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini