Gak Cuma TikTok, LinkedIn Juga Kepergok Salin Data Pengguna!

Gak Cuma TikTok, LinkedIn Juga Kepergok Salin Data Pengguna! Foto: (Foto/Reuters)

Beberapa waktu lalu, aplikasi media sosial TikTok, ketahuan mengakses clipboard pengguna iPhone. Praktik akses clipboard secara diam-diam ini ketahuan setelah perilisan iOS 14 beta pada iPhone.

Pihak TikTok pun sudah melakukan klarifikasi, dengan alasan bahwa aktivitas tersebut merupakan bentuk upaya Tiktok untuk medeteksi perilaku spam pengguna.

Baca Juga: Tertangkap Basah, TikTok Diam-diam Akses Data Pengguna iOS

Belum selesai isu yang dialami TikTok, aplikasi ternama lainnya pun kini ikut kepergok mengakses clipboard pengguna iPhone.

Aplikasi itu adalah LinkedIn. Dikutip dari The Verge, LinkedIn ketahuan berusaha menyalin clipboard pengguna iOS 14. Aktivitas mencurigakan ini pun membuat LinkedIn mendapat seruan dari para pengguna Twitter.

Dikutip dari ZDnet, Juru Bicara LinkedIn mengaku bahwa aktivitas tersebut merupakan bug, atau eror dari aplikasi.

Wakil Presiden Direksi Produk Konsumen LinkedIn, Erran Berger, mengatakan bahwa penyalinan itu dilakukan aplikasi guna mengecek apakah hal yang diketik pengguna sama dengan yang muncul dalam aplikasi.

"Kami tak menyimpan atau menyebarkan konten clipboard pengguna. Kami akan segera memperbaikinya," cuitnya di Twitter.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini