DPR Mau Harga Internet Murah, Operator Buka Suara

DPR Mau Harga Internet Murah, Operator Buka Suara Foto: Unsplash/Austin Distel

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta agar operator seluler memurahkan tarif internet bagi pengemudi ojol, UMKM, sampai siswa sekolah.

Permintaan itu berasal dari Anggota Komisi I DPR, Sukamta. Menurutnya, permohonan itu berlandaskan banyaknya kegiatan di dunia maya di tengah pandemi.

Namun, hal itu sebenarnya sudah operator lakukan. "Akses internet gratis sudah berlaku untuk situs dan aplikasi pembelajaran. Kami mencatat trafik yang tinggi justru terjadi pada layanan video streaming," kata Dirut XL Axiata Dian Siswarini.

Baca Juga: Cara Download Lagu di Spotify Lewat HP dan Laptop

Baca Juga: Cara Download Film di HP dan Laptop, Mudah Banget Loh!!

Sementara, Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro menyampaikan, kalau pun menurunkan tarif keseluruhan, perusahaan tetap melakukan subsidi silang ke target yang tepat.

Ia berujar, "misalnya, akses gratis ke situs belajar. Kami beri 0 rating. Untuk konten belajar, tarif diturunkan."

Indosat Ooredo juga memberi bantuan di bidang pendidikan. Operator itu juga sedang diskusi untuk subsidi khusus kepada Kementerian Agama. Director and Chief Stratey & Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta'in menyatakan, pihaknya memberi harga spesial kepada siswa dan guru madrasah.

Begitu pula dengan sejumlah kampus yang sudah bekerja sama dengan Indosat Ooredo. "Jadi kalau kampus punya layanan video, maka akses ke web-nya gratis," katanya lagi.

Menanggapi omongan perwakilan operator itu, Sukamta pun memberikan apresiasi. Namun, ia menyarankan agar tarif internet murah berlaku secara umum.

Ia berkata, "lebih bagus kalau kasih general; tarif internet murah, beban rakyat agak berkurang."

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini