Dato Sri Tahir Terseret Jiwasraya, Kejagung Didesak Periksa

Dato Sri Tahir Terseret Jiwasraya, Kejagung Didesak Periksa Foto: Sufri Yuliardi

Nama pendiri Mayapada Group Dato Sri Tahir terseret dalam kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (AJS), yang telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp16,8 triliun. Sejumlah anggota Komisi III DPR pun mendesak agar Kejaksaan Agung segera memeriksanya.

Anggota Komisi III Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengatakan, nama Dato Sri Tahir sudah sejak lama terseret dalam kasus tersebut. Apalagi diketahui, terdakwa Benny Tjokrosaputro merupakan nasabah Bank Mayapada.

"Dalam banyak jejak digital punya kedekatan khusus Benny Tjokro dengan Dato Sri Tahir. Benny Tjokro adalah nasabah Bank Mayapada," ujar Arteria dalam rapat dengar pendapat dengan Kejakgung, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Kronologi Skandal Jiwasraya Dibongkar, Banyak Banget Masalahnya

Ia ingin, Kejakgung tak terlalu cepat mengambil simpulan terhadap keterlibatan Dato Sri Tahir. Ditambah, bos Mayapada itu juga belum diperiksa oleh Kejakgung. "Ada keterlibatan Mayapada Group terkait dengan Jiwasraya Gate ini. Patut diduga, ini yang belum diangkat sama Bapak ini," ujar Arteria.

Desakan yang sama juga disampaikan anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman. Menurutnya, Kejakgung tak usah sungkan untuk memeriksa Dato Sri Tahir, meskipun ia merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

"Periksa dulu, kalau saya Jaksa Agung, saya periksa dulu dia. Buka semua itu, sudah jelas ada keterkaitan, janganlah kita bikin-bikin," ujar Benny.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini