Menpan RB Ingatkan Layanan Harus Jalan Walau Ada Corona

Menpan RB Ingatkan Layanan Harus Jalan Walau Ada Corona Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) harus tetap bekerja secara profesional dan lebih produktif dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Pandemi Covid-19 tidak boleh dijadikan alasan penurunan kinerja.

"Jangan karena pandemi Covid-19 menurun kinerjanya, menurun layanan masyarakatnya, tetapi harus tetap produktif," ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Beberkan Sistem Kerja ASN di New Normal, Katanya. . .

Tjahjo menyampaikan bahwa untuk mencegah penularan Covid-19, sistem kerja tentu harus diatur. Pembagian tugas perlu dibagi dengan cara menerapkan work from home dan work from office. Dengan demikian, diharapkan tidak mengurangi kualitas pelayanan yang diselenggarakan pemerintah.

Menurut Tjahjo, pemanfaatan teknologi juga menjadi salah satu alternatif ASN memberikan layanan di tengah pandemi sehingga meminimalisasi pertemuan tatap muka antara pemohon dan penyedia layanan.

Ia menegaskan jika literasi dan kultur digital perlu ditingkatkan dalam pengembangan kompetensi ASN. Mengingat saat ini telah memasuki era serba digital, serba otomatis, tidak selalu di kantor untuk bekerja, dan tidak selalu di pusdiklat untuk belajar.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini