Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Selasa, 07 Juli 2020

  • 11:31 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,06% di akhir sesi I.

Raksasa Penerbangan Dunia Babak Belur, 15 Ribu Pegawainya Di-PHK

Raksasa Penerbangan Dunia Babak Belur, 15 Ribu Pegawainya Di-PHK

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Ternyata dampak pandemi Virus Corona atau Covid-19 sangat fatal dan sadis. Bayangkan saja, perusahaan raksasa penerbangan dunia Airbus saja terpaksa memberhentikan belasan ribu karyawannya karena mengalami krisis.

Dalam siaran resminya, Airbus mengumumkan bahwa akan mem-PHK 15.000 karyawannya di seluruh dunia dan dilakukan bertahap paling lambat hingga 2021.

Baca Juga: Maskapai Nasional Australia PHK 6.000 Pegawai, yang Dirumahkan Jauh Lebih Banyak

Berikut pernyataan resmi Airbus:

Airbus telah mengumumkan rencana untuk menyesuaikan tenaga kerja globalnya dan mengubah ukuran aktivitas pesawat komersialnya sebagai respons terhadap krisis Covid-19. Adaptasi ini diharapkan menghasilkan pengurangan sekitar 15.000 posisi selambat-lambatnya musim panas 2021.

Proses informasi dan konsultasi dengan mitra sosial telah dimulai dengan maksud untuk mencapai kesepakatan untuk implementasi mulai pada musim gugur 2020.

Aktivitas bisnis pesawat komersial telah turun hampir 40% dalam beberapa bulan terakhir karena industri menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tingkat produksi pesawat komersial telah disesuaikan.

Airbus berterima kasih atas dukungan pemerintah yang memungkinkan Perusahaan membatasi tindakan adaptasi yang diperlukan ini. Namun dengan lalu lintas udara yang diperkirakan tidak akan pulih ke tingkat pra-Covid sebelum 2023 dan berpotensi hingga 2025, Airbus sekarang perlu mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencerminkan prospek industri pasca-Covid-19.

Partner Sindikasi Konten: Viva

Tag: Airbus SAS, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Rosmayanti

Foto: Reuters/Pascal Rossignol

loading...

Recommended Reading