Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 05 Juli 2020

  • 09:36 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,08% terhadap Euro pada level 1,1248 USD/EUR.
  • 09:35 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,12% terhadap Poundsterling pada level 1,2438 USD/GBP.
  • 09:34 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 40,32 USD/barel.
  • 09:32 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 ditutup melemah 1,33% pada level 6.157.
  • 09:31 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,01% terhadap Yen pada level 107,51 JPY/USD.
  • 09:30 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.772 USD/troy ounce.

Di Tengah Kondisi Memanas, Dua Jenderal India dan China Bertemu

Di Tengah Kondisi Memanas, Dua Jenderal India dan China Bertemu

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Komandan Angkatan Darat India, Letnan Jenderal Harinder Singh dan Komandan Wilayah militer Xinjiang Selatan, Mayor Jenderal Lui Lin hari ini menggelar pertemuan untuk membahas situasi ketegangan yang terjadi di sepanjang perbatasan Line of Actual Control (LAC) Ladakh, Lembah Galwan yang akhir-akhir ini terus memanas.

Pertemuan dua pemimpin perang itu dilakukan di Chushul, Ladakh wilayah India. Uniknya, pertemuan kedua pemimpin pasukan dua negara itu, diwarnai dengan pamer kekuatan militer masing-masing negara di sepanjang perbatasan.

Baca Juga: Awas! India Bakal Kerahkan 3 Sistem Rudal Sekaligus, China Siap?

India memamerkan sejumlah pasukan infanteri dengan mengerahkan tank tempurnya di sejumlah titik Ladakh Timur. Sementara, China mempersiapkan kendaraan tempurnya di pangkalan militer barunya yang dibangun di dekat lokasi bentrok pada 15 Juni 2020 lalu.

Dikutip dari Hindustan Times, pertemuan antardua pemimpin pasukan di Ladakh hari ini merupakan pertemuan yang ketiga di bulan Juni ini. Pertama pertemuan diplomasi dilakukan pada tanggal 6 Juni 2020 di Moldo LAC sisi China.

Pertemuan kedua dilakukan pada tanggal 22 Juni lalu atau selang beberapa hari dari insiden bentrok fisik yang telah menyebabkan 20 tentara India tewas dan puluhan lainnya luka-luka pada 15 Juni lalu. 

Ketegangan pun tidak mereda pasca-dilakukannya pertemuan diplomasi 22 Juni itu. Alih-alih untuk saling meredakan urat syarafnya, saat ini baik pasukan PLA maupun pasukan India sudah bersiaga untuk menghadapi kemungkinan terburuk untuk perang di perbatasan tersebut.  Hingga saat ini, belum ada perkembangan terkait dengan hasil pertemuan tersebut.

Partner Sindikasi Konten: Viva

Tag: Militer China, Militer India, Konflik Perbatasan Negara

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Muhammad Syahrianto

Foto: Reuters/Danish Ismail

loading...

Recommended Reading