Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 05 Juli 2020

  • 09:36 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,08% terhadap Euro pada level 1,1248 USD/EUR.
  • 09:35 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,12% terhadap Poundsterling pada level 1,2438 USD/GBP.
  • 09:34 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 40,32 USD/barel.
  • 09:32 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 ditutup melemah 1,33% pada level 6.157.
  • 09:31 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,01% terhadap Yen pada level 107,51 JPY/USD.
  • 09:30 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.772 USD/troy ounce.

Apa Itu Stock Repurchase?

Apa Itu Stock Repurchase?

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Stock repurchase adalah suatu kegiatan dimana perusahaan melakukan pembelian kembali atas saham mereka yang telah beredar di pasar bursa, yang telah dimiliki oleh para pemegang saham.

Sebagai alternatif terhadap pemberian dividen berupa uang tunai (cash dividen), perusahaan dapat mendistribusikan pendapatan kepada pemegang saham dengan cara membeli kembali saham perusahaan (stock repurchase). Tindakan ini mengurangi jumlah saham beredar, yang meningkatkan permintaan untuk saham dan harga.

Baca Juga: Apa Itu Buying Forward?

Karena pembelian kembali saham mengurangi jumlah saham yang beredar, itu meningkatkan laba per saham (EPS). EPS yang lebih tinggi meningkatkan nilai pasar dari sisa saham. Setelah dibeli kembali, saham dibatalkan atau disimpan sebagai saham treasuri, sehingga tidak lagi dimiliki publik dan tidak beredar.

Pembelian kembali saham mengurangi total aset bisnis sehingga laba atas aset, laba atas ekuitas, dan metrik lainnya meningkat jika dibandingkan dengan tidak membeli kembali saham. Mengurangi jumlah saham berarti laba per saham (EPS), pendapatan dan arus kas tumbuh lebih cepat.

Jika bisnis membayar jumlah yang sama dari total uang kepada pemegang saham setiap tahun dalam dividen dan jumlah total saham menurun, masing-masing pemegang saham menerima dividen tahunan yang lebih besar.

Tag: Stock Repurchase

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/Galih Pradipta

loading...

Recommended Reading