Prediksi Korban Reshuffle Jokowi: Terawan hingga Juliari

Prediksi Korban Reshuffle Jokowi: Terawan hingga Juliari Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekecewaannya terhadap penanganan Covid-19 dalam rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, 18 Juni 2020. Video kemarahan Presiden Jokowi itu diunggah Sekretariat Presiden di YouTube, Minggu (28/6/2020).

Menanggapi hal itu, Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara berpendapat, Presiden Jokowi melihat kinerja para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju tidak menunjukkan progres signifikan terkait kesehatan atau penanganan Covid-19.

"Seperti lambatnya belanja anggaran penanganan Covid-19, padahal sudah disiapkan anggaran Rp75 Triliun," kata Igor Dirgantara, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Ramai-ramai Dukung Reshuffle, IPW Teriak: Copot 11 Menteri Ini!

Baca Juga: Reshuffle Kian Santer, Fadli Zon Sindir Keras: Kabinet Pesta!

Selain itu, kata Igor, masalah sosial juga menjadi sorotan Presiden Jokowi. Igor mengatakan, penyaluran bantuan sosial sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 ternyata belum menyentuh 100 persen masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian, lanjut dia, di bidang ekonomi, Presiden Jokowi meminta agar seluruh stimulus yang sudah disiapkan segara direalisasikan. Khususnya, stimulus yang menyasar pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Saya melihat bahwa kekecewaan Jokowi ini memang benar adanya. Oleh karena itu, melakukan reshuffle kabinet adalah rasional," tutur pengamat politik dari Universitas Jayabaya ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini

Rekomendasi

Featured