Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 11 Juli 2020

  • 09:07 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup positif 0,66% pada level 10.617.
  • 09:06 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup positif 1,44% pada level 26.075.
  • 09:05 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup menguat 1,05% pada level 3.185.
  • 09:02 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 ditutup positif 0,76% pada level 6.095.
  • 09:01 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,25% terhadap Yen pada level 106,93 JPY/USD.
  • 09:00 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.798 USD/troy ounce.

Mengenal Tipe-tipe Intelijen Ancaman

Mengenal Tipe-tipe Intelijen Ancaman

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Intelijen ancaman adalah komponen kunci dari setiap ekosistem keamanan siber. Gartner mendefinisikan intelijen ancaman sebagai pengetahuan berbasis bukti, termasuk konteks, mekanisme, indikator, implikasi, dan rekomendasi berorientasi pada tindakan mengenai ancaman atau potensi bahaya yang dapat atau muncul terhadap aset.

Saat ini lanskap ancaman berkembang sangat cepat, dengan aliran data yang konstan ditransmisikan melalui lintas informasi. Studi University of Maryland menguantifikasi tingkat serangan peretas pada komputer yang terhubung ke internet, terjadi rata-rata sekali setiap 39 detik.

Tentunya banyak penyedia layanan yang mengklaim dapat menawarkan solusi intelijen ancaman, dan ini berarti banyak hal. Pertama, mari perhatikan empat jenis utama intelijen ancaman yang terdiri dari strategis, taktis, teknis, dan operasional.

Baca Juga: Pakar Siber Komentari Banyaknya Penipuan Lelang Pegadaian Palsu

Memiliki pemahaman yang baik tentang fungsi dari masing-masing intelijen ancaman tersebut akan membekali organisasi dengan informasi penting dan membagikannya kepada orang yang tepat.

Strategic threat intelligence

Jenis ini biasanya berisi analisis tingkat tinggi yang berisi tren luas dan umum dari waktu ke waktu tentang bagaimana ancaman siber dapat memengaruhi bisnis untuk audiens non-teknis yang biasanya merupakan pengambil keputusan dalam suatu organisasi. Mereka berbeda dari jenis intelijen ancaman lainnya yang biasanya berasal dari sumber terbuka seperti laporan dan sejenisnya.

Tactical threat intelligence

Intelijen ancaman taktis mengacu pada informasi tentang taktik, teknik, dan prosedur (TTP) dari para aktor ancaman. Informasi teknis semacam itu memiliki kecenderungan untuk fokus pada keadaan saat ini karena pihak yang bertanggung jawab atas keamanan infrastruktur TI organisasi perlu memahami penyebab mereka diserang demi mendapatkan strategi untuk melawan kembali.

Tag: Keamanan Siber

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Rosmayanti

Foto: Gartner

loading...

Recommended Reading