Sandi Berbagi Strategi Bisnis: Di-PHK & Beda Pendapat sama Om Bob

Sandi Berbagi Strategi Bisnis: Di-PHK & Beda Pendapat sama Om Bob Foto: Sufri Yuliardi

Untuk menjadi pengusaha sukses, sesorang harus memiliki konsep dan rencana bisnis agar usaha yang dijalankannya tidak gagal dan terus bertahan dalam kondisi apa pun. Demikian disampaikan pengusaha yang juga Founder OK OCE, Sandiaga Salahuddin Uno saat menceritakan kisah bisnisnya dalam RSKTalk x Sandiuno bertajuk Pulihkan Ibu Pertiwi - How to Build Business Using Business Model Canvas.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini mengawali pembicaraan dengan bercerita kisahnya yang secara tidak sengaja menjadi pengusaha. Pasalnya, sekira 1997-an dirinya diberhentikan (PHK) dari tempatnya bekerja karena krisis ekonomi pada waktu itu.

"Saya jadi pengusaha, kan kecelakaan. Jadi, tiba-tiba aja gitu nyemplung jadi pengusaha, learning by doing (belajar sambil kerja) karena pas PHK enggak punya pengalaman bagaimana membangun usaha. Akhirnya gagal berkali-kali, kita mulai sebagai konsultan keuangan," buka Sandi dalam acara ini.

Baca Juga: Gelombang Dahsyat Corona Serang Bisnis, 50% UMKM Diperkirakan Hampir Bangkrut

Waktu itu, Sandi mengaku tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang cara mengelola bisnis. Hingga suatu waktu dia menyadari bahwa dalam berbisnis harus ada perencanaan dan strategi dalam berbisnis.

"Dari pengalaman saya karena kalau saya lihat ke belakang bagaiamana caranya mengelola bisnis, ternyata bisnis ini salah satu tools (cara) yang membangun pengetahuan kita tentang ekosistem yang kita coba hadirkan dalam bisnis kita solusi apa? Bagaimana caranya?" kata Sandi.

Bahkan, Sandi pernah berbeda pendapat dengan pengusaha senior Bob Sadino tentang model bisnis dari dua tipe pengusaha. Menurut Sandi, dirinya termasuk pengusaha yang menganut pemahaman bahwa memulai usaha harus dibarengi dengan perencanaan dan strategi. Sementara Bob Sadino berpendapat, yang perlu dilakukan dalam usaha adalah mulai melakukan.

"Saya dulu pernah adu argumen dengan Om Bob Sadino karena aku ini masuk tim business plan, kalau Om Bob tim just do it," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini