Kader PDIP Tetap Inginkan Gibran Jadi...

Kader PDIP Tetap Inginkan Gibran Jadi... Foto: Antara/Mohammad Ayudha

Sejumlah kader PDIP Solo, Jawa Tengah (Jateng), tetap menginginkan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon Wali Kota Solo. Apalagi, calon petahana yakni Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo sudah mengajukan pengunduran diri sebagai calon.

Diketahui, kader PDIP Solo mengusulkan kepada DPP PDIP untuk merekomendasikan Gibran sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga: Elektabilitasnya Kian Moncer, Sindir Demokrat: Gibran Kan Anak Presiden, Bukan Lurah

Mereka terdiri dari pengurus struktural PDIP, kader senior dan mantan pengurus PDIP Solo, pengurus departemen, pengu­rus anak cabang, pengurus ranting, pengurus anak ranting PDIP, dan mantan anggota Fraksi DPRD Solo.

"Kami menilai ada dinamika dan etika politik tidak sehat dalam pencalonan Achmad Pur­nomo dan Teguh Prakosa," kata Wakil Ketua I PDIP Kecamatan Banjarsari, Ariyanto Rinto Sur­yono, di Solo, belum lama ini.

Kata Ariyanto, alasan kader PDIP Solo mengusulkan Gibran karena melihat sikap dan etika poli­tik Achmad Purnomo yang sudah secara resmi mengundurkan diri sebagai bakal calon wali kota, tapi pengunduran diri itu mendapat penolakan dari PDIP Solo.

Karenanya, mereka meminta DPP mengklarifikasi pernyataan resmi mundurnya Achmad Purnomo sebagai balon wali kota Solo yang telah diusulkan PDIP Solo. Hal itu agar tidak terjadi persepsi di masyarakat, seorang yang telah memper­mainkan PDIP pada proses pen­calonan Pilkada 2020.

"Kami tidak suka etika politik seperti ini. Seyogyanya, DPC PDIP Solo tidak memaksakan kehendak untuk tetap men­calonkan Achmad Purnomo," ungkapnya.

Para kader PDIP Solo, lanjut Ariyanto, juga mengusulkan DPP untuk menunjuk balon wakil wali kota yang mendam­pingi Gibran adalah kader senior PDIP yang berkompeten, kredi­bel, responsif, dan loyal serta berpengalaman dalam pemerin­tahan dan menguasai peta politik Kota Solo.

"Kami siap mengamankan dan memenangkan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo yang direkomendasikan DPP PDIP," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini