Tak Kasih Izin CFD, Wakil Wali Kota Bandung: Tanpa Car Free Day Pun Kerumunan Tetap Ada!

Tak Kasih Izin CFD, Wakil Wali Kota Bandung: Tanpa Car Free Day Pun Kerumunan Tetap Ada! Foto: Sufri Yuliardi

Meski telah masuk fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), Polrestabes Bandung belum berencana memberi izin kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor dan car free night (malam bebas kendaraan bermotor) di Kota Bandung.

Diketahui, saat normal, CFD kerap digelar di kawasan Jalan Ir H Djuanda dan Buahbatu pada hari Minggu. Sedangkan CFN digelar di Jalan Asia Afrika pada Sabtu malam atau malam Minggu. Kegiatan itu, selalu mengundang masyarakat dari penjuru Kota Bandung untuk hadir. Mereka biasanya datang dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Baca Juga: Catat! Jumlah Pengunjung Membludak Alasan CFD Disebar di 32 Titik

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, untuk saat ini kepolisian menilai kegiatan tersebut belum memungkinkan untuk diizinkan digelar.

"Situasinya belum memungkinkan," kata Bayu, Sabtu (27/6/2020).

Kegiatan CFD dan CFN, ujar Bayu, perlu didiskusikan lebih lanjut dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung. Sampai saat ini, belum ada bahasan tentang kegiatan tersebut. Sebab, CFN dan CFD, belum menjadi salah satu kegiatan yang dilonggarkan.

Baca Juga: Catat Guys! Dibuka Cuma 3 Jam, Ini Daftar 32 Jalan Pengganti CFD Sudirman-Thamrin

Sementara itu, Bayu mengimbau masyarakat yang bersepeda setiap akhir pekan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, tak sedikit warga yang bersepeda itu terlihat tak mengenakan masker. 

"Jadi harus menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak. Itu yang kami harapkan. Meski memasuki AKB, tetapi protokol kesehatan harus dipatuhi," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, CFD dan CFN belum digelar untuk mencegah kerumunan masyarakat. Sebab, CFD dan CFD sangat berisiko terjadi penularan virus Corona. Sebab banyak orang berkerumun.

"Tanpa car free day pun kerumumnan tetap ada. Kemarin evaluasi PSBB proporsional kedua kami rekomendasikan (CFD dan CFN) nanti dulu. Kami melihat ada euforia, khususnya pesepeda. Car free day dominan orang pakai sepeda," kata Yana.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini