Jadi Perhatian WHO, Kabupaten di Timur Indonesia Ini Nihil Kasus Covid-19!

Jadi Perhatian WHO, Kabupaten di Timur Indonesia Ini Nihil Kasus Covid-19! Foto: Getty Images/AFP/Fabrice Coffrini

Kabupaten Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara (Malut) jadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini dikarenakan Kabupaten Pulau Taliabu nol kasus Covid-19 atau masuk dalam zona hijau di Provinsi Maluku Utara, Sabtu (27/06/2020)

Hal itu disampaikan lansung oleh Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Maluku Utara dr. Rosita Alkatiri.

Baca Juga: Alamaak! Aktivitas Masyarakat Membludak, Kenaikan Kasus Covid-19 di Wilayah Ini Bikin Terbelalak!

"Kita akan turun ke Kabupaten Pulau Taliabu dalam rangka men-suport Kabupaten Pulau Taliabu. dalam beberapa bulan ini, pelaporan dari Taliabu sangat minim dan mendapatkan teguran dari pusat, ada apa sebenarnya," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan turun dengan membawa beberapa program dan melihan lansung cara kerja gugus tugas di sana dan kita akan melakukan rapid test masal di sana.

"Jika ada yang rektif kita akan lansung melakukan SWAB,"ujar Rosita.

Baca Juga: Peringatan Keras WHO: Covid-19 Semakin Memburuk!

Rosita menambahkan, pihaknya memantau ada beberapa kabupaten yang sama sekali tidak memiliki kasus.

"Jadi data kami juga dipantau oleh WHO. Ada beberapa kabupaten termasuk di Malut satu kabupaten yakni Taliabu. Kita ketahui bersama-sama, letak Kabupaten Pulau Taliabu dengan beberapa pintu masuk ini sagat beresiko karena terdapat sejumlah perusahaan tambang yang beroprasi di sana," pungkasnya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Malut telah memberikan saran agar tim medis di Taliabu magang di RSUD Sanan dalam hal pengambilan SWAB sehingga tidak lagi membawa pasien untuk di-swab di Ternate.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini