Kabar Baik, Satgas Indo RDB Monusco Damaikan Pertikaian 3 Suku di Kongo

Kabar Baik, Satgas Indo RDB Monusco Damaikan Pertikaian 3 Suku di Kongo Foto: Antara/Zabur Karuru

Mediasi yang dilakukan Satgas Indo RDB Monusco, bukan saja dapat mengakhiri pertikaian tiga suku di Desa Kashege, namun juga berhasil membuat 27 orang milisi menyerahkan diri beserta 24 pucuk senjatanya.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Indo RDB XXXIX-B Monusco, Kolonel Inf Daniel Lumbanraja, dalam rilis tertulisnya di Provinsi Tanganyika Republik Demokratik Kongo, Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: Serma Rama, Prajurit TNI yang Tewas di Tangan Milisi Kongo Akan Dapat Santunan 75 Ribu Dolar AS

https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 337 2237179 kabar-baik-satgas-indo-rdb-monusco-damaikan-pertikaian-3-suku-di-kongo-2LFlqoqVuB.jpg

Dikatakannya, kesepakatan perdamaian tiga suku di Desa Kashege, Kalemie Provinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo pada Kamis (25/06/2020) tersebut, mengakhiri pertikaian yang telah lama terjadi karena memperebutkan kekayaan alam yang ada di daerah tersebut.

“Kesepakatan damai itu ditandai dengan menyerahnya 27 orang milisi yang terdiri dari 12 Orang dari Kelompok Milisi Persi Kaomba pimpinan Mr. Mukonga Faliala, 7 Orang dari kelompok Milisi Aleluya pimpinan Bilenge Shindano dan 8 orang dari Kelompok Apa na Pale pimpinan Mr. Kisidja Mwenge Salumu,” jelas Daniel.

“Juga dilakukan penyerahan 24 senjata api yang terdiri dari 21 pucuk senjata jenis AK-47, 3 pucuk senjata api rakitan, 15 buah magazen, 51 busur panah beserta 63 anak panah,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan, keberhasilan mediasi oleh Tim Long Range Mission (LRM) Kompi Bravo Indo RDB yang dipimpin oleh Kapten Inf Nuzul Sudjatmiko dan Letda Inf Eka Rahmat Malpura itu, tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat Kongo kepada Satgas Indo RDB MONUSCO yang bekerja sama dengan para tokoh adat dari ke tiga suku yang berada di wilayah Area of Responsibility COB Kompi Bravo Indo RDB.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini