Ingat Nih Wejangan Sekjen ASEAN: Solidaritas Negara Anggota Penting di Masa Pandemi

Ingat Nih Wejangan Sekjen ASEAN: Solidaritas Negara Anggota Penting di Masa Pandemi Foto: Antara/Antara

Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi mengatakan, terlepas dari pandemi Covid-19, penyelenggaraan KTT ke-36 ASEAN adalah demonstrasi nyata dari solidaritas dan kepemimpinan ASEAN yang diwujudkan dalam kerja sama regional yang konkret. Menurutnya, solidaritas seperti itu sangat dibutuhkan dalam menanggapi pandemi ini.

"Kami mengharapkan upaya kolaboratif yang lebih besar dalam berbagi informasi dan pengetahuan, tidak hanya di bidang pengembangan medis, tetapi juga dalam kebijakan domestik terkait keamanan sosial dan kesehatan mengingat dampak luas Covid-19 pada masyarakat," ucap Lim, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: Jokowi Akui Tantangan Negara-negara ASEAN Menghadapi Covid-19 Semakin Berat karena...

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc selaku ketua dan tuan rumah KTT ke-36 ASEAN mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad, KTT ASEAN diadakan secara virtual. Menurutnya, pandemi Covid-19 juga telah mengubah cara bekerja semua orang.

"Covid-19 yang muncul dan dengan cepat meluas dari awal tahun ini, telah menyapu bersih prestasi yang telah dikumpulkan manusia selama bertahun-tahun, merampas dan mengancam kehidupan jutaan orang," ungkapnya.

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sendiri dalam pertemuan itu mengatakan bahwa rivalitas kekuatan dunia dan pesimisme terhadap multilateralisme membuat situasi semakin sulit. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga mendorong adanya koridor wisata ASEAN. Ini dilakukan untuk kembali mendorong pemulihan ekonomi di kawasan.

Dengan adanya Koridor Wisata ASEAN ini diharapkan pertumbuhan ekonomi ASEAN bisa cepat kembali pulih. Selain itu, hal ini juga dapat menunjukkan arti strategis dari komunitas ASEAN, baik di kawasan maupun di mata internasional.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini