Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Jum'at, 03 Juli 2020

  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,99% pada level 25.373.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,80% pada level 2.152.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,72% pada level 22.306.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 2,01% pada level 3.152.
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,59% pada level 2.652.
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 0,40% pada level 6.215.
  • 16:04 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,01% terhadap Yuan pada level 7,06 CNY/USD.
  • 16:03 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 1,01% terhadap Dollar AS pada level 14.522 IDR/USD.

Bersiap New Normal, Parador Tingkatkan Standar Keamanan dan Kesehatan

Bersiap New Normal, Parador Tingkatkan Standar Keamanan dan Kesehatan

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Memasuki masa transisi menuju era normal baru, Parador Hotels & Resorts sudah mempersiapkan setiap unit hotel untuk meningkatkan standar keamanan dan kesehatan bagi para tamu. Tidak hanya bagi tamu yang menginap, tetapi juga bagi tamu restoran, tamu yang menyelenggarakan pertemuan dan acara, hingga tamu yang memanfaatkan segala fasilitas hotel lainnya.

Seluruh karyawan hotel yang bertugas juga dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti face shield, masker, dan sarung tangan disesuaikan juga dengan tugas pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: Pastikan Hotel Siap Beroperasi di New Normal, Petinggi PTPP Sampai Blusukan

Dimulai saat tamu yang menggunakan fasilitas penjemputan dengan mobil hotel, Parador telah melaksanakan beberapa protokol kesehatan, seperti penyemprotan cairan disinfektan di dalam mobil; pengukuran suhu tubuh tamu sebelum memasuki mobil; penyemprotan koper/tas tamu sebelum dimasukkan ke dalam bagasi; hingga persediaan masker, hand sanitizer, dan tisu antiseptik secara gratis untuk tamu.

Begitu pun saat kedatangan di lobi hotel, protokol kesehatan yang sama pun diterapkan, ditambahkan dengan pemasangan stiker jaga jarak antrean dan partisi akrilik di meja resepsionis antara karyawan dengan tamu. Untuk kamar tamu, penggantian sprei dan duvet tempat tidur, sarung bantal, juga dilakukan langsung setelah tamu yang sebelumnya check-out seperti yang memang sudah menjadi standar SOP. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan beberapa jam sebelum tamu check-in.

Pramita Sari, Corporate Director of Communications Parador Hotels & Resorts, mengatakan bahwa tamu adalah prioritas utama dalam bisnis sehingga Parador selalu berusaha agar tamu-tamunya merasa aman dan nyaman ketika menikmati semua fasilitas hotel. Terlebih, dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini.

"Kami ingin memastikan bahwa hotel-hotel kami siap menyambut normal baru dengan meningkatkan standar keamanan dan kenyamanan bagi para tamu. Penerapan SOP normal baru pun kami terus awasi dan kami kontrol secara berkala. Kami lakukan perubahan jika memang diperlukan serta tetap terus mengamati perkembangan dan anjuran pemerintah pusat," jelas Pramita Sari dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Terkait dengan pelayanan makan dan minum, baik di restoran maupun layanan antar ke kamar, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat. Untuk di restoran, karyawan melakukan pengukuran suhu tubuh tamu yang masuk ke dalam restoran; penggunaan partisi akrilik di meja restoran untuk membatasi tamu yang makan dalam satu meja; pemesanan menu makanan secara online (menggunakan scan barcode untuk melihat menu), dan penggunaan food cover saat makanan disajikan.

Sementara untuk layanan antar ke kamar, hotel meminimalisasi kontak langsung dengan cara mempersilahkan tamu mengambil langsung makanan dari trolley antar yang sudah disiapkan di depan pintu kamar.

Tamu yang ingin menyelenggarakan pertemuan dan acara, Parador juga sudah menetapkan beberapa regulasi baru tentu dengan protokol kesehatan, yaitu pengukuran suhu tubuh tamu sebelum masuk ke ruang acara; persediaan hand sanitizer dan masker; pengaturan jarak antar meja dan kursi sepanjang 1,5 meter; kapasitas ruangan maksimal 50% dari kapasitas penuh; hingga jarak tata makan prasmanan bagi para tamu dengan dilayani langsung oleh karyawan saat pengambilan makan.

Standar keamanan dan kesehatan di seluruh fasilitas hotel mulai dari area umum seperti lobby, restoran, kolam renang, gym, spa, lift, eskalator, hingga toilet umum juga tidak luput dari perhatian. Pembersihan dan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan secara berkala terlebih pada area-area yang sering disentuh oleh tamu. Parador Hotels & Resorts berusaha secara maksimal sesuai prosedur yang ditetapkan agar para tamu merasakan aman serta nyaman saat berada di dalam hotel.

Tag: Properti, The New Normal, Parador Hotels & Resorts

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Parador

loading...

Recommended Reading