Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 05 Juli 2020

Apa Itu Barang Konsumsi?

Apa Itu Barang Konsumsi?

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Barang konsumsi adalah benda atau barang yang bisa langsung digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, barang konsumsi juga merupakan barang yang dipakai secara langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga yang bersifat sekali habis; barang tersebut berbeda dengan barang yang digunakan dalam proses produksi.

Contoh barang konsumsi adalah makanan, pakaian, alat tulis kantor, dan sebagainya. Barang konsumsi memiliki manfaat, nilai dan volume yang jika digunakan akan habis sekaligus atau habisnya secara berangsur-angsur.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Madu Selama Pandemi Covid-19

Dilansir dari Investopedia di Jakarta, Senin (22/6/2020) bahan dasar atau bahan baku, seperti tembaga, tidak dianggap sebagai barang konsumsi karena harus diubah menjadi produk yang dapat digunakan. Ada tiga jenis utama barang-barang konsumsi, yakni barang tahan lama, barang tak tertahankan, dan layanan (services).

Barang konsumsi juga disebut produk akhir, karena mereka adalah hasil akhir dari proses produktif yang terjadi dari waktu ke waktu.

Tag: Barang Konsumsi

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Antara/Jojon

loading...

Recommended Reading