Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Kamis, 09 Juli 2020

  • 16:10 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,59% pada level 26.129.
  • 16:09 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup negatif 0,24% pada level 2.158.
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup negatif 0,78% pada level 22.438.
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 1,74% pada level 3.403.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,31% pada level 2.669.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka positif 0,17% pada level 6.200.
  • 16:06 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,04% terhadap Yuan pada level 7,01 CNY/USD.
  • 16:05 WIB. Valas - Rupiah ditutup menguat 0,21% terhadap Dollar AS pada level 14.410 IDR/USD.

5 Ciri Anda Sehat Secara Keuangan

5 Ciri Anda Sehat Secara Keuangan

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Memasuki masa transisi ke era new normal, bukan hanya kesehatan saja yang harus dipersiapkan dengan baik tetapi juga sehat secara keuangan. Hal itu mengingat kita harus tetap melakukan aktivitas di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Nah, yang jadi masalahnya adalah apakah kita semua sudah mengetahui sehat secara keuangan itu meliputi hal-hal seperti apa? Bagaimana kita mau sehat secara keuangan kalau kita tidak mengetahui faktor-faktor yang harus dipenuhi?

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Investasi Keuangan

Sekarang coba kita checklist hal-hal apa saja yang harus kita penuhi dari beberapa langkah ini, yaitu

1. Arus Kas Positif

Siapa yang setiap bulan selalu melewati hari-hari dengan perasaan khawatir kalau pendapatan atau gajinya tidak mampu bertahan sampai akhir bulan? Kalau ada yang merasa demikian hampir bisa dipastikan kalau keuangannya belum sehat.

Tidak semua gaji atau pendapatan kita dihabiskan di bulan yang sama. Ada beberapa hal yang harus kita siapkan untuk waktu ke depan. Pun, kalau harus dihabiskan maka gaji atau pendapatan tersebut harus dihabiskan ke tempat yang produktif.

2. Memiliki Rasio Utang yang Baik atau Produktif

Ada yang tahu rasio utang yang baik itu apa dan berapa dari yang seharusnya? Rasio utang adalah dasar ukuran seberapa besar boleh atau tidaknya kita berutang. Biasanya, jika kita memiliki penghasilan bulanan sebesar Rp5.000.000 maka rasio utangnya adalah Rp1.750.000 atau 35% dari penghasilan bulanan kita.

Kalau lebih dari itu, artinya keuangan kita belum sepenuhnya sehat. Apalagi, bila kita berutang untuk keperluan konsumtif dan bukan hal-hal produktif.

3. Memiliki Dana Darurat

Apa itu dana darurat? Dana darurat ialah dana yang hanya kita gunakan ketika dalam keadaan darurat. Semudah itu pengertiannya, namun banyak sekali dari kita yang malas menyiapkan hal tersebut karena tidak tahu atau sudah tahu namun tidak mau membayangkan besarnya dana darurat yang dibutuhkan.

Besaran dana darurat ialah 3-6 kali pengeluaran bulanan bagi Anda yang masih single. Adapun, untuk Anda yang sudah berkeluarga maka besaran dana darurat ialah 9-12 kali pengeluaran bulanan. Ayo, mulai mempersiapkan dana darurat karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti.

4. Memiliki Asuransi yang Tepat

Dewasa secara keuangan juga dilihat dari cara kita menjaga nilai ekonomi dari segala kerugian yang terjadi pada diri kita di masa depan, seperti sakit, kecelakaan, dan meninggal. Saat kondisi tersebut terjadi dan kita tidak dapat menghasilkan uang maka sudah dipastikan kita belum sehat secara keuangan karena tidak adanya proteksi atau perlindungan baik untuk kita sendiri maupun keluarga yang ditinggalkan.

Maka sudah semestinya kita melindunginya dengan produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tujuan keuangan kita.

5. Memiliki Investasi yang Mengarah ke Tujuan Keuangan

Banyak dari kita tidak melewati langkah-langkah di atas tapi langsung lompat ke bagian investasi. Pun, dengan produk investasi yang seringkali tidak diketahui fungsi dan tujuannya.

Gampangnya karena maraknya anak muda yang investasi dan menjadi kaya maka mindset-nya investasi setelah itu kaya cepat. Nyatanya, semua ditentukan dari pengetahuan, tujuan keuangan kita dan pastinya terpenuhi dahulu langkah-langkah nomor satu sampai empat sebelum ke nomor lima.

Setelah membaca, sudah tahu kan gambarannya atau langkah-langkah seperti apa agar kita sehat secara keuangan? So, praktikkan mulai sekarang! Selamat mencoba.

Tag: AZ Consulting

Penulis: Steven Ransingin, Senior Advisor AZ Consulting

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Unsplash/Annie Spratt

loading...

Recommended Reading