Apa Itu Bankir Investasi?

Apa Itu Bankir Investasi? Foto: Freepik

Bankir investasi adalah individu yang sering bekerja sebagai bagian dari lembaga keuangan dan terutama berkaitan dengan peningkatan modal untuk perusahaan, pemerintah, atau entitas lain. 

Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bankir investasi adalah perusahaan yang melakukan kegiatan sebagai agen atau penanggung dan bertindak sebagai penengah antara penerbit sekuritas dan masyarakat umum yang melakukan investasi; bankir investasi, selaku manajer atau anggota suatu kelompok perbankan investasi, dapat melakukan pembelian langsung sekuritas dari penerbit dan menjualnya kepada para dealer dan investor.

Baca Juga: Apa Itu Bank Umum?

Apabila bankir investasi berafiliasi dengan perusahaan, ia akan membantu dalam transaksi keuangan yang besar dan rumit. Termasuk menyusun akuisisi, merger, atau penjualan untuk klien atau kelompok klien. Adapun tugas inti juga mencakup penerbitan sekuritas sebagai cara untuk mengumpulkan uang. Seperti melibatkan pembuatan dokumentasi terperinci untuk Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), yang diperlukan bagi perusahaan untuk go public.

Seorang bankir investasi dapat menghemat waktu dan uang klien dengan mengidentifikasi risiko yang terkait dengan proyek tertentu sebelum perusahaan bergerak maju.

Seorang bankir investasi juga membantu menentukan harga instrumen keuangan dan menavigasi persyaratan peraturan. Seringkali, ketika sebuah perusahaan mengadakan penawaran umum perdana (IPO), bank investasi akan membeli semua atau banyak saham perusahaan itu secara langsung, bertindak sebagai perantara.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini