Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Sabtu, 04 Juli 2020

  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,99% pada level 25.373.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,80% pada level 2.152.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,72% pada level 22.306.
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 2,01% pada level 3.152.
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,59% pada level 2.652.
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 0,40% pada level 6.215.
  • 16:04 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,01% terhadap Yuan pada level 7,06 CNY/USD.
  • 16:03 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 1,01% terhadap Dollar AS pada level 14.522 IDR/USD.

Bikin Tepuk Jidat, di CFD Pertama Petugas Banyak Usir Anak dan Lansia

Bikin Tepuk Jidat, di CFD Pertama Petugas Banyak Usir Anak dan Lansia

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias Car Free Day (CFD), Minggu (21/6). Ini adalah CFD pertama, sejak event tersebut disetop pada 12 Maret lalu karena pandemi Covid-19.

 

Dalam CFD pertama di era Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, ribuan orang dan pesepeda tumpah ruah berolahraga di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Kegiatannya berlangsung tertib. Meskipun ada sejumlah pelanggaran yang terjadi.

 

Jalanan yang biasanya dipadati kendaraan bermotor, berubah menjadi lautan manusia dan pesepeda. Momen itu dimanfaatkan betul oleh warga Ibu Kota dan sekitarnya. Sejumlah pesepeda dari daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang Selatan, dan Depok, berbondong-bondong menuju ke pusat Ibu Kota sejak pukul 05.00 hingga 06.00.

 

Baca Juga: CFD di New Normal, Lajur Pejalan Kaki, Pelari, dan Pesepeda Dibuat Terpisah

 

Pegowes yang memakai sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda roadbike itu ada yang datang berkelompok. Ada juga yang sendirian.

 

Tampak kerumunan kelompok dari mulai Bundaran HI hingga kawasan Monas. Beberapa pegowes ada yang tak mengenakan masker saat mengontel sepedanya. Sejumlah sepeda pun masih nampak membawa anak kecil. Padahal, jelas dilarang dalam aturan CFD masa PSBB Transisi.

 

Selain pesepeda, warga yang datang dengan berlari maupun berjalan kaki juga memadati lokasi CFD. Sayangnya, masih banyak juga yang membawa anak-anak di bawah umur, lanjut usia, dan ibu hamil. Warga pun berkerumun tak ada jaga jarak.

 

Baca Juga: Warga Jakarta Bisa CFD Lagi di Thamrin-Sudirman, Mesti Ikuti Syarat-Syarat Ini

 

Petugas agak kewalahan. Padahal, petugas Satpol PP, Dishub, TNI, dan petugas kepolisian dari Polsek Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat, serta Ditlantas Polda Metro Jaya turun membantu mengatur warga. Mereka sudah menyebar di berbagai titik.

 

Banyak juga yang muter-muter memperingatkan warga yang berkerumun dengan pengeras suara. "Bagi para warga diimbau untuk tidak berkerumun, menggunakan masker. Ayo jangan kumpul di trotoar, pindah berpencar," teriak petugas dari Pospol Bundaran HI.

 

Sejumlah petugas lainnya pun rajin berkeliling "mengusir" warga yang tak diberbolehkan datang ke CFD. Yakni ibu hamil, anak-anak dan lansia. 

 

"Mohon tidak membawa anak-anak, lansia dan ibu hamil. Perhatian, anak-anak berusia di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun dimohon segera meninggalkan area CFD. Silakan tinggalkan arena Car Free Day," imbau petugas di Jalan Sudirman bekali-kali.

Partner Sindikasi Konten: Rakyat Merdeka

Tag: Car Free Day (CFD), Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta), Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Sufri Yuliardi

loading...

Recommended Reading