Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Minggu, 05 Juli 2020

Apa Itu Bank Sentral?

Apa Itu Bank Sentral?

Baca Juga

WE Online, Jakarta -

Bank sentral adalah sebuah instansi yang memiliki tanggung jawab atas kebijakan moneter di suatu negara. Sementara itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengartikan bank sentral sebagai bank dengan tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, memelihara cadangan devisa, mengawasi aktivitas perbankan, memelihara rekening perbankan guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Fungsi bank sentral sendiri adalah sebagai lembaga yang menerbitkan uang, perumus kebijakan moneter, penyedia jasa perbankan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Bank Sekunder?

Di Indonesia, peranan bank sentral dilakukan oleh Bank Indonesia. Berawal dari De Javasche Bank yang didirikan oleh Belanda pada 24 Januari 1828, setelah Indonesia merdeka, bank tersebut dinasionalisasi menjadi Bank Indonesia dan berada di bawah kewenangan pemerintah Indonesia. 

Pada awal periode kemeredekaan, bank Indonesia masih melakukan usaha komersial. Namun dalam perkembangannya, usaha tersebut dihentikan.

Perusahaan-perusahaan bank lainnya yang beroperasi di Indonesia berada di bawah naungan Bank Indonesia ini. Artinya, seluruh bank tersebut wajib patuh dengan kebijakan yang dibuat oleh Bank Indonesia pada aspek makroprudensial sistem perbankan. Hal ini dikarenakan, Bank Indonesia bertanggung jawab terhadap terciptanya kestabilan ekonomi di Indonesia.

Tag: Bank Sentral, Bank Indonesia (BI)

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami

Foto: Sufri Yuliardi

loading...

Recommended Reading