Sadis! Dolar AS Kritis, Rupiah Tambah Eksis!

Sadis! Dolar AS Kritis, Rupiah Tambah Eksis! Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Nilai tukar rupiah kembali menempati klasemen atas sebagai salah satu mata uang terbaik di dunia. Apalagi, pada perdangangan spot pagi ini, Selasa (16/06/2020), rupiah terus mempertebal apresiasi di hadapan dolar AS hingga lebih dari 0,30%. 

Dilansir dari RTI, sampai dengan pukul 10.40 WIB, rupiah menguat 0,34% ke level Rp14.066 per dolar AS. Bahkan sebelumnya, rupiah menekan mata uang Paman Sam itu hingga ke level terdalamnya di angka Rp14.060 per dolar AS. Keunggulan juga dicetak rupiah di hadapan euro sebesar 0,18%.

Baca Juga: Dolar AS dan Emas Antam Tumbang, Emas Global Manfaatkan Peluang!

Berbagai sentimen positif yang menyertai rupiah membuat sang Garuda hanya kalah tipis di hadapan segelintir mata uang, yakni dolar Australia (-0,29%), poundsterling (-0,17%), dan dolar Taiwan (-0,11%). 

Baca Juga: Dahsyatnya The Fed, Dolar AS Dibuat Babak Belur di Hadapan Mata Uang Global!

Itu artinya, rupiah kini bertengger di posisi kedua teratas Asia. Walau tidak terlalu signifikan, performa rupiah masih lebih baik daripada yen (0,45%), dolar Hong Kong (0,33%), won (0,17%), dolar Singapura (0,16%), ringgit (0,15%), baht (0,15%), dan yuan (0,10%). 

Sementara itu, nilai tukar dolar AS terpantau kritis lantaran memerah di hadapan hampir semua mata uang. Mata uang yang sering menjadi momok itu kini tak berdaya di hadapan dolar Australia, euro, poundsterling, dolar New Zealand, dolar Kanada, yuan, dolar Hong Kong, won, dolar Singapura, baht, dan dolar Taiwan. 

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini