Apa Itu Buzzer RP?

Apa Itu Buzzer RP? Foto: Pixabay

Buzzer RP adalah penyuara politik yang dibayar melalui akun-akun di media sosial yang tidak mempunyai reputasi untuk dipertaruhkan. Buzzer RP juga merupakan kelompok yang tak jelas siapa identitasnya, lalu dengan motif ideologis atau motif ekonomi menjadi sosok yang menyebarkan informasi palsu.

Buzzer kerap digunakan untuk melakukan 'pemasaran' politik. Buzzer bisa bergerak sesuai keinginannya, namun bisa juga digerakkan oleh pihak tertentu. Cara menyuarakannya pun bisa secara langsung atau secara anonim.

Baca Juga: Pakar Ekonomi: Buzzer Politik Bahaya Sekali, Bisa Rusak Fondasi Demokrasi!!

Buzzer RP kini menjadi sebuah pekerjaan yang dikatakan menjanjikan. Buzzer bekerja untuk menggiring opini publik melalui akun-akun media berdasarkan permintaan klien.

Dilansir dari detikFinance di Jakarta, Selasa (16/6/2020) pekerjaan Buzzer RP ini merupakan sebuah proyek yang dibayar perbulan. Perkiraan bayarannya pun mulai dari Rp50 juta hingga Rp100 juta untuk tiap proyek isu.

Dari uang tersebut akan dibagi-bagi kepada para Buzzer RP yang bekerja. Per orang pun akan mendapatkan gaji Rp3,5 juta hingga Rp5 juta. Ada koordinator yang bekerja dengan gaji Rp6 juta. Sementara sumber lain mengatakan bahwa Buzzer RP bisa juga digaji Rp2 juta per satu paket nge-tweet.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini