Kenapa BCA Beli Rabobank?

Kenapa BCA Beli Rabobank? Foto: Antara/Sigid Kurniawan

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menargetkan akuisisi PT Rabobank International Indonesia (Rabobank) akan rampung pada 10 September 2020. Namun, rencana pengambil alihan tersebut tetap menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn menuturkan alasan perseroan mencaplok Rabobank.

 

Menurutnya, perekonomian Indonesia memiliki prospek yang baik untuk pertumbuhan ke depannya, ditopang oleh konsumsi domestik serta penyelesaian berbagai proyek-proyek infrastruktur sebagai landasan aktivitas investasi. Industri perbankan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan berbagai aktivitas usaha nasional. 

 

Meskipun dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi global yang turut berimbas pada perekonomian domestik, Pemerintah dan regulator tetap mendukung stabilitas ekonomi dan mempertahankan industri perbankan yang sehat. Program konsolidasi industri perbankan merupakan salah satu langkah strategis yang dirancang oleh regulator untuk menciptakan soliditas industri perbankan. 

 

Baca Juga: Corona Tak Halangi Langkah BCA Mencaplok Rabobank, Angkanya Bikin Melongo

 

“Rencana Akuisisi akan mendukung arsitektur perbankan Indonesia tersebut dan memberikan kontribusi bagi tercapainya konsolidasi perbankan nasional,” ujarnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (9/6/2020). 

 

Lebih lanjut Ia mengungkapkan bahwa besarnya populasi usia produktif dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang akan meningkatkan jumlah kelas menengah yang mana tren demografi tersebut akan membutuhkan layanan keuangan dan perbankan yang semakin komprehensif. 

 

Dalam rangka menyediakan solusi dan layanan yang komprehensif bagi nasabah, BCA senatiasa melakukan pengembangan produk dan layanan perbankan dan melakukan sinergi dengan para entitas anak. 

 

Pada saat ini BCA memiliki entitas-entitas anak yang bergerak di bidang pembiayaan mobil, pembiayaan sepeda motor, asuransi umum, asuransi jiwa, perbankan, perbankan syariah, sekuritas, remittance dan penanaman modal ventura. Basis nasabah BCA yang besar memberikan potensi bagi pengembangan bisnis entitas-entitas anak melalui cross selling, dan sebaliknya bisnis entitas-entitas anak akan memperkokoh hubungan nasabah.

 

“Setelah penyelesaian Rencana Akuisisi, Rabobank akan memberi nilai tambah kepada BCA dan entitas anaknya (Grup BCA) melalui antara lain rencana penggabungan dengan salah satu entitas anak BCA. Potensi penggabungan Rabobank dengan entitas anak BCA akan dikaji sebagai inisiatif strategis untuk memperkuat entitas anak BCA yang akan menerima penggabungan” pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini