Kakorlantas Klaim Arus Balik Turun Drastis sampai 70 Persen

Kakorlantas Klaim Arus Balik Turun Drastis sampai 70 Persen Foto: Antara/Dedhez Anggara

Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Istiono menyebut terjadi penurunan jumlah kendaraan arus balik hingga 70 persen pada Operasi Ketupat 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kalau disimpulkan turun sampai 70 persen jika dibanding dengan data tahun lalu," kata Irjen Pol. Istiono melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Menurut dia, sejak Lebaran hingga H+7 Lebaran, tercatat 45.000 kendaraan arus balik yang dihalau oleh petugas.

Baca Juga: Erick Thohir Bongkar Biaya Perawatan Pasien Corona Hingga Ratusan Juta Rupiah

"Secara keseluruhan, pada arus balik (sejak Lebaran hingga) H+7 ini sekitar 45.000 kendaraan sudah diputar balik yang dari Jawa Timur menuju Jakarta, maupun dari arah Lampung dan Banten," ujarnya.

Data tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah titik penyekatan Operasi Ketupat yang dilaksanakan oleh tujuh polda, yaitu dari Jawa Timur hingga Lampung.

Jumlah kendaraan arus balik di sejumlah titik, seperti di Jawa Timur, Semarang, Jawa Barat hingga Jakarta, menurut dia, cukup rendah dengan kendaraan didominasi kendaraan angkutan logistik. Ia menginformasikan tidak ada antrean kendaraan di sejumlah pos penyekatan.

"Semua terkelola dengan baik. Tidak ada penumpukan di pos-pos penyekatan. Arus (kendaraan) cukup landai," kata jenderal bintang dua ini.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini